Sam Altman Kembali ke OpenAI? Drama CEO yang Mengguncang Dunia AI!

Sam Altman Kembali ke OpenAI? Drama CEO yang Mengguncang Dunia AI!

Dalam sebuah drama yang tak terduga, Sam Altman, CEO OpenAI, perusahaan startup AI di balik ChatGPT dan berbagai hit AI lainnya, dipecat oleh dewan direksi. Namun, tampaknya para investor dan mitra OpenAI, serta banyak karyawan, lebih nyaman dengan ide kekuasaan dewan daripada pelaksanaannya.

Pemecatan Sam Altman, CEO OpenAI

Pada hari Jumat, dewan OpenAI melakukan sesuatu yang tak terduga namun tampaknya berada dalam haknya: memecat CEO perusahaan, Sam Altman.

Baca Juga: OpenAI Siap Rilis Model AI Open Source Baru, Bakal Seperti Apa?

Namun, berdasarkan bagaimana situasi berkembang, tampaknya para investor dan mitra OpenAI — dan banyak karyawan — lebih nyaman dengan ide kekuasaan dewan daripada pelaksanaannya. Mereka tidak mengantisipasi kultus kepribadian yang mengelilingi Altman, mantan presiden Y Combinator dan tokoh lama di dunia startup Silicon Valley.

Reaksi Para Investor dan Mitra

hadiah kredit api openai
Sumber: The Independent

Satya Nadella, CEO Microsoft, mitra besar OpenAI, dilaporkan “marah” mengetahui kepergian Altman “menit” setelah itu terjadi, dan telah berhubungan dengan Altman — dan berjanji untuk mendukungnya — saat para pendukung OpenAI (khususnya Tiger Global, Sequoia Capital dan Thrive Capital) merekrut bantuan Microsoft untuk memberi tekanan pada dewan untuk membalikkan keputusan.

Sementara itu, beberapa pendukung modal ventura kunci OpenAI dikabarkan sedang mempertimbangkan gugatan hukum terhadap dewan; tidak satupun, termasuk Khosla Ventures dan pendiri LinkedIn Reid Hoffman, mantan anggota dewan OpenAI, diberi pemberitahuan sebelumnya tentang keputusan untuk memecat Altman.

Kembalinya Sam Altman?

Pada Sabtu malam, hanya lebih dari 24 jam setelah dewan OpenAI tanpa upacara mengumumkan bahwa Altman akan digantikan oleh Mira Murati, CTO OpenAI, sementara, beberapa publikasi mempublikasikan laporan yang menunjukkan bahwa dewan OpenAI sedang berbicara untuk mengembalikan Altman ke posisinya.

Apa yang mengubah pikiran mereka? Kemarahan dan kepanikan investor, tentu saja — dan barisan yang marah.

Paragraf Penutup

Dengan Altman dan Brockman mendekati investor tentang usaha baru yang berfokus pada chip AI dan penjualan saham karyawan OpenAI menghadapi masa depan yang tidak pasti, dewan direksi memiliki putaran balik yang tidak nyaman di depan mereka.

Mereka mungkin merasa keputusan mereka tentang pemecatan Altman benar dan dibenarkan. Namun, tampaknya bukan benar-benar keputusan mereka untuk dibuat.

Baca Juga: Setelah Dipecat, Investor OpenAI Terus Dorong Kembalinya Sam Altman Sebagai CEO

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi