Canggih! DoorDash Luncurkan Teknologi Pemesanan Suara Berbasis AI

author:

Canggih! DoorDash Luncurkan Teknologi Pemesanan Suara Berbasis AI

DoorDash, salah satu platform pengantaran makanan terkemuka, baru-baru ini meluncurkan teknologi pemesanan suara berbasis AI. Teknologi ini dirancang untuk membantu restoran menjawab semua panggilan yang mereka terima, terutama selama jam sibuk. Menurut laporan DoorDash tentang Tren Pemesanan Online Restoran 2023, hingga 50% panggilan pelanggan tidak dijawab, menyebabkan potensi kehilangan pendapatan yang signifikan.

AI Dijadikan Solusi untuk Panggilan yang Tidak Dijawab

DoorDash menggabungkan AI dan operator manusia untuk memastikan semua panggilan pelanggan dijawab dalam waktu yang singkat. Selama jam sibuk, AI akan mengambil alih, memungkinkan staf restoran untuk fokus pada pelanggan di toko.

“Pelanggan mengharapkan lebih dari pemilik restoran, dan sebagai gantinya, pemilik restoran mengharapkan solusi yang lebih maju dari kami, termasuk dukungan untuk saluran telepon,” kata Rajat Shroff, Kepala Produk dan Desain di DoorDash.

Personalisasi dan Rekomendasi

Teknologi pemesanan suara berbasis AI dari DoorDash tidak hanya berfungsi sebagai asisten virtual untuk menjawab panggilan; ia juga berfungsi sebagai pribadi sommelier dan pelayan virtual. Sistem ini dirancang untuk memberikan rekomendasi makanan yang dikurasi berdasarkan preferensi pelanggan dan histori pemesanan sebelumnya.

Misalnya, jika pelanggan sering memesan pizza pepperoni, AI mungkin akan menyarankan mencoba pizza dengan topping baru atau menambahkan minuman atau makanan penutup yang cocok.

Baca juga: AI vs Kanker: Haruskah Kita Percayai Teknologi Ini untuk Menemukan Penyembuhan?

Selain itu, teknologi ini juga memanfaatkan data pelanggan untuk memberikan pengalaman yang lebih personal. Jika pelanggan adalah pengunjung yang sering, sistem akan mengenali mereka dan menawarkan untuk dengan cepat memesan ulang “makanan favorit” mereka, sehingga mempercepat proses pemesanan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Tidak hanya itu, DoorDash juga berencana untuk memperluas kemampuan bahasa dari sistem ini. Dengan mendukung beberapa bahasa, DoorDash berharap untuk menjangkau pelanggan dari berbagai latar belakang budaya dan etnis.

Pada akhirnya, luncuran teknologi pemesanan suara berbasis AI oleh DoorDash menandai sebuah langkah maju dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan di industri restoran.

Meskipun masih ada pertanyaan tentang bagaimana teknologi ini akan diterima oleh pelanggan dan komunitas bisnis, tidak diragukan lagi bahwa inovasi ini menawarkan peluang baru untuk restoran dalam mengoptimalkan operasional dan meningkatkan pendapatan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: