Mengharukan, Donasi untuk Program Sekolah di El Salvador Capai 1 BTC dalam Waktu 3 Minggu

author:

Mengharukan, Donasi untuk Program Sekolah di El Salvador Capai 1 BTC dalam Waktu 3 Minggu

Program nirlaba El Salvador, Mi Primer Bitcoin atau My First Bitcoin, telah mengumpulkan lebih dari 1 Bitcoin (BTC) dari donasi yang berasal bukan dari investor atau modal ventura, melainkan dari para pendukung pendidikan Bitcoin yang dermawan di seluruh dunia.

Donasi mengalir dari berbagai negara seperti Venezuela, Polandia, dan Kanada, di mana ratusan orang mengirimkan satoshi melalui Lightning Network untuk mendukung ekspansi program Diploma Bitcoin dari My First Bitcoin.

Program Ini Mengumpulkan 1 BTC dalam Waktu Kurang dari Tiga Minggu

donasi sekolah el salvador
Twitter

Berdasarkan cuitan yang diunggah pada 1 Mei 2023 oleh akun Mi Primer Bitcoin, mereka telah berhasil mengumpulkan dana donasi sebesar 1 BTC pada April 2023.

Menurut laporan Cointelegraph mengenai bagaimana program khusus ini berhasil mengumulkan 1 BTC dalam waktu kurang dari sebulan, John Dennehy, pendiri My First Bitcoin, mengatakan kepada Cointelegraph bahwa potensi terbesar Bitcoin adalah memberdayakan individu dan memudahkan donasi seperti ini merupakan bagian besar dari hal tersebut.

Dennehy melanjutkan,

“Penggalangan dana Bitcoin memungkinkan siapa pun untuk berpartisipasi menjadi lebih revolusioner dibandingkan dengan sistem fiat yang membatasi partisipasi.”

Keunggulan Bitcoin dalam Penggalangan Dana

Dibandingkan dengan PayPal atau GoFundMe, sifat tahan sensor dan otonomi Bitcoin menjadikannya salah satu cara paling efisien untuk mengirim uang secara online.

Selain itu, biayanya jauh lebih murah. Uang dikirim melalui Lightning Network layer-2, yang biayanya jauh lebih murah daripada layanan pembayaran lama. Dennehy menjelaskan, “Penggalangan dana Bitcoin adalah contoh bagaimana Bitcoin memungkinkan orang untuk mengendalikan uang mereka sendiri.”

Mengenai donasi ini, kampanye crowdfunding awalnya didorong oleh upaya Bitcoin Beach, komunitas sirkuler Bitcoin di El Zonte di pantai Pasifik El Salvador.

Baca juga: Setelah Fetch.AI, Bitget Janjikan Rp146 Miliar untuk Proyek Blockchain dan AI Anak Muda

Bitcoin Beach adalah pelopor awal yang menyebabkan BTC dinyatakan sebagai alat pembayaran yang sah di El Salvador pada tahun 2021. Terlepas dari itu, kampanye ini telah dimulai dengan tingkat kedermawanan yang luar biasa.

MetaMick, pendiri platform crowdfunding Bitcoin Geyser, yang digunakan My First Bitcoin untuk penggalangan dananya, mengatakan kepada Cointelegraph, “Proyek ini jelas merupakan proyek edukasi terbesar di Geyser yang pernah ada! Daya tarik yang luar biasa hanya dalam sehari!”

Lebih lanjut, platform tersebut menambahkan bahwa proyek ini adalah crowdfund terbesar ketiga yang pernah ada di Geyser hanya dalam waktu satu hari.

Komunitas Bitcoin Terus Membangun dan Mendidik

Tingkat penggalangan dana Geyser per bulan. Sumber: Kevin Rooke

Menurut laporan Cointelegraph, di awal tahun 2023 ini, Geyser terlihat telah mencapai rekor baru pada bulan April 2023, mencapai lebih dari 2 BTC dalam bentuk donasi.

Meskipun harga Bitcoin mengalami naik turun, faktanya komunitas Bitcoin terus membangun dan mendidik. Seperti yang disimpulkan oleh Dennehy:

“Kami terinspirasi setiap hari oleh dukungan yang kami terima dari komunitas Bitcoin. Kami tidak dapat melakukan apa yang kami lakukan tanpanya.”

Hingga saat ini, My First Bitcoin tercatat telah mendidik 6.000 siswa di El Salvador.


Referensi: