Pengguna Aktif Dompet Kripto Phantom Tembus 3,2 Juta, Apa Rahasianya?

author:

Pengguna Aktif Dompet Kripto Phantom Tembus 3,2 Juta, Apa Rahasianya?

Dompet kripto Phantom, yang difokuskan pada ekosistem Solana, mengalami lonjakan pengguna aktif bulanan hingga 220% pada Januari 2024.

Dengan begitu, jumlah pengguna aktif bulanan Phantom mencapai 3,2 juta, dan mencatat lebih dari 940.000 pemasangan, meningkat 460% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Airdrop Jadi Pendorong Utama Phantom

dompet crypto phantom
Sumber: Cryptopotato

CEO dan salah satu pendiri Phantom, Brandon Millman, mengungkapkan bahwa lonjakan pengguna ini sebagian besar disebabkan oleh beberapa airdrop yang terjadi di Solana awal tahun ini. Airdrop Jito dan Jupiter disebut sebagai titik balik besar bagi ekosistem Solana.

Baca juga: Dompet Digital Phantom Kini Dukung Bitcoin dan Token Lintas Rantai!

Millman mengatakan,

“Solana telah mencapai kecepatan lepas dan membuktikan dirinya sebagai ekosistem kelas satu. Solana adalah platform yang menarik beberapa pembangun terbaik di dunia.”

Selain airdrop, Millman juga menyoroti aktivitas yang berkembang pesat dalam keuangan terdesentralisasi (DeFi) sebagai faktor pendukung pertumbuhan Phantom. Ia mencatat bahwa protokol DeFi memberikan insentif penggunaan dengan airdrop, dan dompet kripto semakin menjadi titik masuk utama bagi pendatang baru di dunia kripto.

Fokus pada Pertumbuhan, Bukan Pendapatan

Meskipun tidak memberikan rincian keuangan spesifik, Millman mengindikasikan bahwa Phantom saat ini lebih fokus pada pertumbuhan daripada menghasilkan pendapatan.

“Kami tidak terlalu fokus untuk menghasilkan pendapatan, tetapi kami lebih suka mengembalikannya ke pertumbuhan pengguna. Semakin banyak pengguna yang mendaftar, semakin banyak pengembang yang tertarik untuk membangun di ekosistem, dan semakin banyak aplikasi dan pengguna yang kami dapatkan. Ini seperti roda gila dan kami ingin tumbuh secepat mungkin,” jelas Millman.

Phantom memperoleh pendapatan dengan cara yang sama seperti kebanyakan dompet lainnya: dengan menyediakan fitur kemudahan dalam aplikasi untuk menukar mata uang kripto dan membebankan sedikit biaya untuk itu.

Baca juga: Ledger dan Coinbase Berkolaborasi untuk Permudah Pembelian Kripto!

Perusahaan yang didukung oleh investor seperti Paradigm, Andreessen Horowitz, Jump Capital, dan Solana ini juga memiliki “neraca yang kuat”, sehingga saat ini tidak perlu terlalu fokus pada pendapatan.

Dompet Kripto sebagai Titik Masuk Baru

Millman percaya bahwa masa depan dompet adalah multichain, seperti halnya evolusi bursa kripto. Ia mengatakan, “Tidak ada yang bisa membayangkan dunia di mana bursa hanya memiliki satu koin. Dompet akan mengikuti jalur yang sama.”

Meskipun masih terlalu dini untuk mengharapkan masyarakat umum menyimpan aset kripto mereka sendiri, peningkatan penggunaan dompet kripto menunjukkan pertumbuhan lebih lanjut di ruang ini.

Di masa lalu, aplikasi on-chain terlalu mahal atau rumit untuk digunakan, tetapi airdrop ini dan masuknya pengguna yang dihasilkan menunjukkan manfaat dari komposabilitas.

Millman menambahkan,

“Aplikasi DeFi sekarang memberikan insentif penggunaan dengan airdrop, dan satu-satunya cara untuk mendapatkannya adalah dengan mengunduh dompet […] Maksud pengguna dan jenis aplikasi on-chain telah tumbuh dan beragam, menjadikan dompet sebagai titik masuk.”

Masa Depan Dompet Kripto

Lebih lanjut, Millman memperkirakan adopsi dompet kripto akan terus meningkat karena lebih banyak penyedia dan ekosistem menghadirkan fitur-fitur baru dan menjelajahi jalan baru. Ia mengatakan,

“Masih banyak sisi tajam dan konsep asing, itu pasti. Frasa pemulihan rahasia adalah manajemen kunci de-facto untuk dompet. Tetapi ini adalah area yang akan kami inovasi tahun ini, dan kami bersemangat untuk menunjukkan evolusi berikutnya seperti apa.”

Di masa depan, ia berharap dompet kripto dapat membantu orang melakukan lebih dari sekadar membeli, menyimpan, dan menjual kripto. “Ini adalah jendela ke dunia interoperabilitas yang jauh lebih kaya.”

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Phantom Blog