Heboh! Dompet Crypto MetaMask Hilang dari App Store, Apa yang Terjadi?

author:

Heboh! Dompet Crypto MetaMask Hilang dari App Store, Apa yang Terjadi?

Pada hari Sabtu kemarin (14/10/23), pengguna Apple dikejutkan dengan hilangnya aplikasi dompet crypto MetaMask dari App Store. Namun, dalam hitungan jam, aplikasi tersebut kembali tersedia. Apa yang sebenarnya terjadi? Yuk, kita ulas lebih lanjut.

MetaMask Dicabut dari App Store

MetaMask, salah satu aplikasi dompet kripto paling populer, tiba-tiba menghilang dari App Store. Kabar ini pertama kali dilaporkan oleh Watcher Guru di Twitter. Namun, tidak lama setelah itu, aplikasi tersebut kembali tersedia.

Baca juga: Metamask Memperkenalkan ‘Snaps’, Revolusi Baru untuk Wallet Web3!

Menurut juru bicara MetaMask, penghapusan aplikasi tersebut bukanlah tindakan yang diambil oleh Apple, melainkan kesalahan operasional internal dari pihak MetaMask sendiri.

Elo Gimenez, direktur hubungan publik global untuk ConsenSys, membenarkan penghapusan tersebut dan menegaskan bahwa masalah ini tidak terkait dengan aktivitas jahat apa pun.

“Penting untuk dicatat, ini bukan masalah keamanan, dan tidak ada kompromi atau tindakan yang diperlukan dari pengguna,” kata Gimenez.

Reaksi dan Tanggapan MetaMask

Taylor Monahan, yang diyakini sebagai manajer produk utama MetaMask, merespons cepat melalui akun Twitternya. Dia meminta pengguna untuk melaporkan jika mereka menemukan aplikasi MetaMask palsu di App Store.

“Kerusakan terbesar dalam menghapus aplikasi yang sah adalah membuat ruang untuk aplikasi jahat dan phishers,” ujarnya.

Gimenez juga mengulangi permintaan Monahan untuk bantuan dari komunitas crypto.

“Jika pengguna menemukan aplikasi MetaMask palsu di App Store, kami meminta mereka untuk melaporkan hal tersebut segera. Prioritas utama kami adalah menyelesaikan masalah ini secepat mungkin dan melindungi pengguna dari aplikasi palsu.”

MetaMask Kembali Tersedia

Tidak butuh waktu lama, pada tengah hari Sabtu itu juga, aplikasi MetaMask kembali tersedia di App Store.

metamask kembali muncul di app store
Sumber: Twitter

“Seperti yang dijanjikan, kami kembali di App Store Apple. Maaf atas ketidaknyamanannya!” tulis akun Twitter resmi MetaMask.

Sementara itu, aplikasi dompet crypto lainnya seperti Coinbase, Uniswap, dan Binance tetap tersedia di App Store.

Pada Desember 2022, Dan Finlay, salah satu pendiri MetaMask, mengkritik kebijakan App Store Apple ketika perusahaan tersebut menghapus aplikasi Coinbase. “Saya siap untuk meninggalkan ekosistem Apple,” tulisnya.

Meski sempat menghilang, MetaMask kini kembali tersedia di App Store. Sebagai salah satu dompet crypto paling populer, MetaMask terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi penggunanya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: