Pengembang Ethereum Menargetkan Kemudahan Dompet Crypto dengan ‘EIP-3074’

author:

Pengembang Ethereum Menargetkan Kemudahan Dompet Crypto dengan ‘EIP-3074’

Jakarta, Pintu News – Dalam upaya untuk mencapai adopsi arus utama, pengembang Ethereum sedang berupaya untuk menyederhanakan penggunaan dompet kripto.

Salah satu proposal yang sedang dibahas adalah EIP-3074, yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan dompet di blockchain Ethereum.

EIP-3074: Menyederhanakan Dompet Kripto

Sumber: X

EIP-3074 adalah perubahan kode yang memungkinkan jenis dompet tertentu, yaitu externally owned accounts (EOA), menjadi lebih mudah diprogram dengan mengizinkan smart contract untuk mengotorisasinya. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman pengguna dengan dompet kripto dan mengurangi risiko kehilangan dana akibat kesalahan manusia.

Baca juga: Biaya Gas Ethereum yang Rendah Dorong Tingkat Pembakaran ETH ke Titik Terendah Tahunan!

Saat ini, di Ethereum terdapat dua jenis akun dompet: EOA dan smart contract wallet. EOA adalah jenis dompet yang paling populer, seperti MetaMask dan Coinbase Wallet, sedangkan smart contract wallet adalah dompet yang dikendalikan oleh kode.

Masalah dengan EOA terletak pada kesalahan manusia; jika kunci pribadi untuk akun EOA hilang, tidak ada layanan bantuan atau proses pemulihan kunci yang dapat membantu pengguna mendapatkan kembali akses ke dana mereka.

EIP-3074 berupaya mengatasi masalah ini dengan mendelegasikan kemampuan transaksi ke smart contract. Fitur utama dari proposal ini adalah memungkinkan pengguna untuk mengelompokkan transaksi bersama dan menandatanganinya sekaligus.

Fitur lainnya termasuk pihak ketiga yang dapat mensponsori biaya transaksi pengguna, sehingga aplikasi terdesentralisasi (dapps) dapat menanggung biaya gas untuk pengguna mereka.

Dukungan dan Kekhawatiran Komunitas

Meskipun banyak yang mendukung proposal EIP-3074, beberapa pihak juga menyuarakan keprihatinan terkait keamanan, khususnya pada fitur pengelompokan transaksi.

Beberapa pengembang dan pakar keamanan khawatir bahwa fitur ini dapat membuka celah bagi penipuan dan eksploitasi.

Lukas Schor, salah satu pendiri Safe yang telah mengadvokasi ERC-4337 dan penerapan full account abstraction pada dompet Ethereum, menyatakan keprihatinannya bahwa EIP-3074 tidak memiliki jalur yang jelas menuju full account abstraction dan dapat berdampak negatif pada adopsi account abstraction.

Sementara itu, Itamar Lesuisse, salah satu pendiri Argent Wallet, menyuarakan kekhawatiran bahwa EIP-3074 dapat menjadi masalah keamanan yang serius, memungkinkan penipu untuk menguras seluruh dompet dengan satu tanda tangan di luar rantai.

Baca juga: Ethereum Menuju Revolusi Akun dengan Standar ERC-4337 dan RIP-7560!

Masa Depan Dompet Kripto

Secara keseluruhan, EIP-3074 merupakan salah satu langkah maju dalam upaya untuk menyederhanakan penggunaan dompet kripto di Ethereum.

Namun, masih terdapat perdebatan dan diskusi mengenai keamanan dan implikasi jangka panjang dari proposal ini.

Pengembang Ethereum dan komunitas perlu mempertimbangkan dengan cermat berbagai aspek dan masukan sebelum memutuskan apakah akan menerapkan EIP-3074 atau mencari alternatif yang lebih aman.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: