Terungkap! Tiga Raksasa yang Mengendalikan Pasar ETF dan Dampaknya pada Bitcoin ETF

author:

Terungkap! Tiga Raksasa yang Mengendalikan Pasar ETF dan Dampaknya pada Bitcoin ETF

Apakah kamu tahu bahwa pasar ETF (Exchange-Traded Fund) Amerika Serikat yang bernilai sekitar $8 triliun dikuasai oleh hanya tiga perusahaan besar? Fakta mengejutkan ini membawa implikasi penting bagi masa depan Bitcoin ETF di tahun 2024, di mana likuiditas dan efisiensi pasar menjadi sorotan utama.

Oligopoli Pasar ETF

Dilansir dari Crypto New, pasar ETF yang terus berkembang ternyata tidak diikuti oleh peningkatan jumlah peserta yang berwenang (APs). APs adalah broker-dealer khusus yang sangat penting dalam menjaga likuiditas dan efisiensi operasional setiap ETF di Amerika Utara.

Baca juga: Keuntungan Melonjak, Ini Deretan ETF Blockchain Terbaik 2023!

Berdasarkan analisis Bloomberg atas lebih dari 3.400 pengajuan dana, diketahui bahwa sebagian besar aliran dana ETF di AS dikelola oleh Bank of America, Goldman Sachs, dan JPMorgan. Ketiga perusahaan ini tidak hanya mengendalikan aliran modal yang besar, tetapi juga menjadi tulang punggung bagi ratusan ETF yang bergantung sepenuhnya pada satu AP untuk kebutuhan likuiditas mereka.

Situasi ini menimbulkan risiko konsentrasi yang tinggi, yang bisa berdampak pada stabilitas pasar ETF secara keseluruhan.

Bitcoin ETF dan Risiko Konsentrasi

mike novogratz bitcoin etf

Dengan dominasi tiga AP ini, pasar Bitcoin ETF yang potensial di tahun 2024 mungkin akan menghadapi tantangan tersendiri. Mengingat sifat crypto yang sangat fluktuatif, kemampuan dan ketahanan dari ketiga firma ini akan menjadi kunci dalam mengelola transaksi besar dan memastikan likuiditas.

Kondisi ini juga dapat mempengaruhi harga dan aksesibilitas Bitcoin ETF, di mana peran mereka dalam pengelolaan arus kas dapat berdampak pada cara ETF baru ini dihargai dan diperdagangkan.

Komisaris SEC, Hester Peirce, telah menyatakan bahwa seharusnya SEC sudah menyetujui ETF Bitcoin bertahun-tahun yang lalu. Namun, dengan adanya konsentrasi operasional yang ada saat ini, komunitas harus siap menghadapi kompleksitas dan tantangan yang mungkin muncul untuk ETF berbasis crypto.

Baca juga: BlackRock dan SEC: Pertemuan Strategis yang Bisa Ubah Masa Depan Crypto!

Keputusan SEC dan Harapan Pasar

SEC saat ini sedang dalam diskusi dengan BlackRock dan beberapa pelamar Bitcoin ETF lainnya untuk persetujuan yang mungkin terjadi pada Januari. Kenaikan pasar saat ini banyak dikaitkan dengan harapan akan Bitcoin ETF.

Namun, dengan konsentrasi operasi yang ada di pasar ETF saat ini, SEC mungkin akan mempertimbangkan perlunya lanskap AP yang lebih beragam untuk memastikan pasar yang kuat dan tangguh. Keputusan SEC ini sangat dinantikan, karena akan menentukan arah masa depan Bitcoin ETF dan mungkin juga pasar crypto secara umum.

Investor dan pengamat pasar dengan penuh antisipasi menunggu hasil yang akan membawa dampak signifikan bagi ekosistem crypto.

Pada akhirnya, dominasi tiga firma besar dalam pasar ETF AS telah membuka mata banyak pihak akan pentingnya diversifikasi dan resiliensi pasar. Bagaimana hal ini akan mempengaruhi Bitcoin ETF masih menjadi pertanyaan besar, namun yang pasti, keputusan yang akan diambil oleh SEC akan menjadi momen krusial bagi industri crypto ke depannya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: