Dominasi 5 Pool Penambangan Bitcoin: Menguak Rahasia di Balik 84% Blok Bitcoin!

author:

Dominasi 5 Pool Penambangan Bitcoin: Menguak Rahasia di Balik 84% Blok Bitcoin!

Tahun 2023 menjadi saksi bisu dominasi lima pool (kolam) penambangan Bitcoin yang berhasil menguasai sekitar 84% dari total blok Bitcoin yang ditambang. Fenomena ini tidak hanya menunjukkan konsentrasi kekuatan dalam industri penambangan Bitcoin, tetapi juga menandai era baru dalam sejarah mata uang digital ini.

Dengan total 54.002 blok Bitcoin yang ditambang, tahun ini telah membuka mata banyak pihak tentang dinamika dan kekuatan yang ada di balik layar industri crypto.

Kolam Penambangan Utama dan Kontribusi Mereka

kolam penambangan bitcoin
Distribusi hash rate Bitcoin selama 12 bulan terakhir dihitung berdasarkan blok – Sumber: Bitcoin News

Dalam periode dari 30 Desember 2022 hingga 30 Desember 2023, Foundry USA muncul sebagai kontributor teratas dengan menambang 16.492 blok. Kolam penambangan lain seperti Antpool, F2pool, Viabtc, dan Binance Pool juga tidak ketinggalan, dengan secara kolektif bertanggung jawab atas penemuan 45.707 hadiah blok sepanjang tahun. Konsentrasi kekuatan penambangan ini mencerminkan tren yang menonjol di tahun 2023, di mana lima kolam dominan ini berkontribusi lebih dari 84% dari semua blok BTC.

Baca juga: Bitcoin Halving 2024: Ini 5 Siklus Potensial yang Perlu Diperhatikan!

Selanjutnya, Luxor, btc.com, dan Braiins Pool juga memberikan kontribusi signifikan, meskipun dalam skala yang lebih kecil. Mereka menambahkan keragaman dalam daftar kontributor penting, dengan Luxor menambang 1.311 blok (2,43%), btc.com dengan 978 blok (1,81%), dan Braiins Pool dengan 894 blok (1,66%). Tahun ini juga mencatatkan 147 blok kosong, yang merupakan sekitar 0,27% dari total, dengan Antpool, F2pool, dan Viabtc sebagai sumber utama blok kosong tersebut.

Peningkatan Hashrate dan Penambang Generasi Lanjutan

negara penambang bitcoin terbesar di dunia
Sumber: Lawfare

Tahun 2023 menandai pertumbuhan substansial dalam hashrate Bitcoin, mencapai rekor 545 EH/s pada 24 Desember 2023. Ini menunjukkan evolusi luar biasa dari kekuatan hash total jaringan selama delapan tahun terakhir. Pemain industri kunci seperti Bitmain, Canaan, Microbt, dan Auradine berperan penting dalam pertumbuhan ini dengan memperkenalkan penambang generasi lanjutan.

Penambang canggih ini, dengan kemampuan lebih dari 375 terahash per detik (TH/s), tidak hanya menunjukkan peningkatan kekuatan tetapi juga efisiensi yang lebih unggul, dengan rating di bawah 20 joule per terahash (J/T). Foundry, Antpool, dan F2pool melaporkan peningkatan hashrate yang signifikan, dengan Foundry mencapai 147 EH/s dari 71,84 EH/s, Antpool tumbuh dari 49,95 EH/s menjadi 139 EH/s, dan F2pool meningkat dari 31,99 EH/s pada Desember 2022 menjadi 62,27 EH/s.

Baca juga: Pendapatan Pajak dari Penambangan Crypto di Kyrgyzstan Meningkat Tajam!

Menghadapi Halving dan Masa Depan Penambangan Bitcoin

Dengan mendekatnya peristiwa halving pada April 2024, yang akan mengurangi hadiah blok dari 6,25 menjadi 3,125 BTC, ada antisipasi dan pergeseran signifikan yang diharapkan untuk sektor ini. Namun, ketahanan dan kemajuan yang ditunjukkan industri sepanjang tahun 2023 menempatkannya dalam posisi yang baik untuk menavigasi perubahan lansekap setelah pengurangan subsidi ini.

Tahun 2023 telah menjadi tahun transformasi bagi industri penambangan Bitcoin, dengan peningkatan hashrate, pengenalan teknologi penambangan canggih, dan konsentrasi kekuatan penambangan di antara pemain kunci. Pendekatan peristiwa halving menambah lapisan intrik, mendorong pemeriksaan lebih dekat tentang bagaimana kolam penambangan dominan akan menavigasi medan yang berkembang ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: