Dominasi Bitcoin Capai Level Tertinggi dalam 2 Tahun: Apa yang Sebenarnya Terjadi?

author:

Dominasi Bitcoin Capai Level Tertinggi dalam 2 Tahun: Apa yang Sebenarnya Terjadi?

Bitcoin, sebagai mata uang crypto paling dominan, kembali menunjukkan kekuatannya dengan mencapai dominasi pasar lebih dari 49%, level tertinggi dalam dua tahun terakhir. Namun, apa yang sebenarnya mendorong kenaikan dominasi ini? Mari kita telusuri lebih dalam.

Kenaikan Dominasi Bitcoin

data cpi dan bitcoin
Sumber: Cryptoslate

Menurut data dari CoinGecko dan The Block, dominasi Bitcoin saat ini mencapai 49.58%, hampir tiga kali lipat dari Ethereum, crypto dengan kapitalisasi pasar kedua terbesar, yang dominasinya berada di sekitar 16,7%.

Baca juga: Keuntungan Investasi Bitcoin MicroStrategy Capai $60 Juta!

Lebih lanjut, kenaikan dominasi ini dimulai dari sekitar 38% di awal tahun, menandakan lonjakan signifikan dalam pangsa pasar Bitcoin. Kenaikan ini sebagian besar disebabkan oleh reli Bitcoin yang berlangsung selama setahun, dengan harga crypto ini meningkat sebesar 81% sejak awal 2023.

Faktor-faktor di Balik Kenaikan Dominasi

Ada beberapa faktor yang mungkin telah berkontribusi pada lonjakan ini. Pertama, kekhawatiran tentang inflasi, risiko geopolitik, dan pemerintah AS yang semakin terpolarisasi telah mendorong investor untuk mencari aset safe-haven, meminimalkan paparan mereka terhadap risiko.

Bitcoin, dengan sifatnya yang terdesentralisasi dan pasokan yang terbatas, muncul sebagai opsi yang menarik bagi mereka yang mencari stabilitas di tengah ketidakpastian. Selain itu, kemungkinan diterimanya Bitcoin exchange-traded fund (ETF) oleh regulator telah meningkatkan kepercayaan pada crypto ini.

Baca juga: Wall Street Bersiap untuk Ledakan Bitcoin: Inilah Alasannya!

Dampak Terhadap Harga Bitcoin

Meskipun pasar kripto crypto keseluruhan mengalami penurunan nilai, harga BTC masih meningkat 71% sepanjang tahun.

“Bitcoin tetap kuat dalam kondisi pasar saat ini dan sebenarnya telah tampil baik sepanjang minggu ini,” kata Rebecca Stevens dari The Block Research.

Banyak investor tampaknya meminimalkan risiko dengan berbondong-bondong ke Bitcoin saat ketidakpastian global meningkat.

Pada akhirnya, dominasi Bitcoin yang meningkat menunjukkan kekuatan dan kepercayaan yang terus tumbuh pada mata uang crypto ini. Dengan berbagai faktor yang mendukung kenaikan ini, hanya waktu yang akan menentukan apakah Bitcoin akan terus mempertahankan dominasinya atau apakah mata uang crypto lain akan mulai mengejar ketertinggalannya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: