Pengembangan Game Web3 Didominasi oleh Asia Pasifik, AS dan Korea Selatan Berusaha Mengejar!

author:

Pengembangan Game Web3 Didominasi oleh Asia Pasifik, AS dan Korea Selatan Berusaha Mengejar!

Asia Pasifik saat ini berada di garis depan dalam pengembangan game Web3, sementara Amerika Serikat dan Korea Selatan berjuang untuk mengejar. Hal ini diungkapkan dalam laporan terkini dari Game7, sebuah komunitas yang berfokus pada integrasi teknologi blockchain dalam industri permainan.

Asia Pasifik Memimpin dalam Pengembangan Game Web3

web3 game
Sumber: Alvaro Trigo

Asia Pasifik menduduki posisi teratas dalam pengembangan game Web3, dengan 40% pengembang berlokasi di wilayah tersebut, diikuti oleh Amerika Utara dengan 30%. Yang menarik, separuh dari game baru yang memasuki ruang ini pada tahun ini berasal dari Asia.

Baca juga: Illuvium, Game Blockchain yang Mengubah Lanskap Industri Game Mainstream!

Pada tahun 2023, 30% tim pengembangan game Web3 baru berasal dari AS, sementara Korea Selatan berkontribusi sebesar 27%, hampir dua kali lipat dari kontribusinya pada tahun sebelumnya.

AS masih menjadi pasar terbesar untuk pengembang game Web3 dengan 30%, dengan pasar lain yang penting termasuk Korea Selatan (12%), Inggris (6%), Singapura (6%), Vietnam (4%), dan Australia (4%).

Investasi Game Web3 Tetap Kuat

Investasi di bidang game Web3 telah menunjukkan kekuatan, dengan peningkatan signifikan pada tahun 2021 dan stabil pada tahun 2023, mengingatkan pada level pasar bullish sebelumnya.

Sejak tahun 2018, sebanyak $19 miliar telah dialokasikan untuk proyek-proyek yang terkait dengan game Web3. Pasar game Web3 terus berkembang, meskipun dengan laju yang lebih lambat setelah koreksi pasar 2022.

Hingga kuartal ketiga, putaran pendanaan yang terkait dengan game blockchain mencapai $1,5 miliar pada tahun 2023, dengan lebih dari $800 juta khusus untuk game Web3, sementara sisanya didistribusikan di berbagai sektor.

Baca juga: Yat Siu dari Animoca Brands: Antusiasme ETF Bitcoin Memicu Kebangkitan Game Blockchain!

Kompetisi Blockchain dalam Game Web3

Mabar dan Diskusi Teknologi Web3 di Acara Itemku Gamecon
Sumber: Allstars.id

Pada tahun 2023, jumlah game Web3 yang beralih ke jaringan yang berbeda mencapai puncaknya, dengan Polygon, Immutable dan Arbitrum menjadi tujuan utama. Ekosistem Polygon saat ini menjadi rumah bagi sebagian besar game Web3, diikuti oleh BNB dan Ethereum Mainnet.

Sementara itu, Immutable telah menjadi ekosistem game Layer 2 yang paling populer, diikuti dekat oleh Arbitrum. Solana tetap menjadi ekosistem non-EVM terbesar untuk game Web3.

Dengan Asia Pasifik yang memimpin dan Amerika Serikat serta Korea Selatan berusaha untuk mengejar, dunia game Web3 menjadi semakin menarik. Dengan investasi yang kuat dan migrasi ke berbagai jaringan, masa depan game Web3 tampaknya cerah.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: