Debat Hangat di Komunitas Dogecoin: Tetap di Proof-of-Work atau Beralih ke Proof-of-Stake?

Debat Hangat di Komunitas Dogecoin: Tetap di Proof-of-Work atau Beralih ke Proof-of-Stake?

Dogecoin, salah satu crypto paling populer, saat ini berada di tengah-tengah kontroversi. Sebuah jajak pendapat baru-baru ini yang menanyakan kepada komunitas apakah mereka tertarik untuk melakukan staking token mereka telah memicu perdebatan mengenai kemungkinan peralihan ke Proof-of-Stake (PoS). Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pendapat dari Pengembang Inti Dogecoin

marshall hayner poling
Sumber: Akun Twitter Marshall Hayner

Mishaboar, pengembang inti Dogecoin, dengan tegas menentang peralihan ke PoS. Ia menyatakan bahwa jika Dogecoin beralih ke PoS, ia akan pindah ke crypto lain yang masih menggunakan Proof-of-Work (PoW) dan mengganti logo di dompetnya dengan gambar anjing.

Patrick Lodder, pengembang inti lainnya, menekankan bahwa perdebatan mengenai PoS dan PoW telah berlangsung selama bertahun-tahun di komunitas Dogecoin. Meskipun ada proposal untuk peralihan di “trailmap” Dogecoin Foundation, belum ada tindakan konkret yang diambil.

Baca Juga: Heboh! Website Tesla Elon Musk Tampilkan Laman Khusus Dogecoin (DOGE)!

Kesulitan Teknis dan Ideologis

Dilansir dari Bitcoinist, peralihan ke mekanisme konsensus baru datang dengan tantangan teknis yang signifikan. Lodder mengatakan bahwa meskipun ada mekanisme staking yang sempurna, ia sangat khawatir tentang integrasi dan pemeliharaan jaringan yang dihasilkan.

Baik Lodder maupun Mishaboar skeptis terhadap PoS. Meskipun mereka mengakui kekhawatiran lingkungan yang dikaitkan dengan PoW, mereka berpendapat bahwa belum ada alternatif yang valid yang tidak akan mengenalkan masalah yang lebih buruk.

Baca Juga: Berawal Dari Meme, Berapa Harga Awal Dogecoin (DOGE)?

Pandangan Lain dari Komunitas

Xanimo, pengembang inti Dogecoin yang menggunakan pseudonim, berpendapat bahwa komunitas telah menjadi sangat reaktif. Ia merasa bahwa banyak orang kini bereaksi berlebihan terhadap kemungkinan diskusi tentang cara berpikir baru.

Meskipun Xanimo tidak terlalu peduli tentang PoS, ia membagikan kekhawatiran lingkungan yang diangkat oleh Mishaboar, khususnya mengenai kebutuhan untuk penyempurnaan ASIC yang digunakan untuk PoW.

Debat mengenai potensi peralihan Dogecoin dari PoW ke PoS menunjukkan betapa kompleks dan bervariasinya pandangan di dalam komunitas crypto. Meskipun masa depan masih belum jelas, satu hal yang pasti adalah komunitas Dogecoin akan terus berdiskusi dan berdebat tentang arah terbaik untuk crypto berlogo anjing ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: