Kapitalisasi Pasar Dogecoin Melampaui Seluruh Sektor Pasar Kripto AI, Kok Bisa?

author:

Kapitalisasi Pasar Dogecoin Melampaui Seluruh Sektor Pasar Kripto AI, Kok Bisa?

Dogecoin, koin meme yang sering dianggap sebagai lelucon, kini telah melampaui nilai pasar keseluruhan sektor crypto berbasis AI.

Analis crypto Miles Deutscher mengungkapkan bahwa Dogecoin memiliki kapitalisasi pasar yang lebih besar dibandingkan dengan seluruh sektor crypto AI yang digabungkan, menandakan era baru dalam dunia mata uang digital.

Dogecoin vs. AI: Pertarungan Kapitalisasi Pasar

Dogecoin, yang awalnya diciptakan sebagai parodi, kini menunjukkan kekuatannya di pasar crypto.

Sumber: X

Menurut analis Miles Deutscher, kapitalisasi pasar Dogecoin saat ini lebih besar dari gabungan seluruh sektor crypto AI. Ini mengejutkan banyak pengamat pasar, mengingat AI dianggap sebagai salah satu pencapaian teknologi paling disruptif abad ini.

Baca juga: Prediksi Harga Dogecoin Sebelum Bitcoin Halving 2024: DOGE Siap Meledak 1000%

Meskipun Deutscher memprediksi bahwa sektor AI akan menjadi salah satu gelembung terbesar dalam sejarah pasar keuangan, ia juga mengakui bahwa sektor ini menawarkan peluang triliunan dolar.

Meski begitu, saat ini, AI hanya menempati peringkat ke-20 berdasarkan ukuran sektor, dengan nilai keseluruhan sedikit di bawah kapitalisasi pasar Dogecoin.

AI: Lebih dari Sekadar Kata Kunci

Sumber: X

Deutscher menekankan bahwa tidak semua “cryptocurrency AI” memiliki teknologi AI sebenarnya di dalamnya.

Bagi banyak koin, AI hanyalah kata kunci yang digunakan untuk menghasilkan hype seputar koin tersebut. Ini menimbulkan pertanyaan tentang substansi dan nilai jangka panjang dari banyak proyek crypto yang mengklaim menggunakan AI.

Namun, AI tetap menjadi alat penting dalam sejumlah acara dan konferensi besar, dengan koin AI berfungsi sebagai proxy yang baik untuk peristiwa-peristiwa besar tersebut.

Diperkirakan bahwa dalam beberapa tahun ke depan, AI akan melonjak ke area sektor top 5-10, menandakan pertumbuhan yang signifikan dari posisi saat ini.

Baca juga: Analis Coinbase Sebut Token AI Lebih Banyak Sensasi daripada Nilai!

Ancaman Deepfake dalam Dunia Crypto

Sementara teknologi AI terus berkembang setiap hari, bukan hanya pengembang crypto yang memanfaatkannya, tetapi juga penipu crypto.

Telah terjadi banyak kasus di mana penipu menghasilkan video deepfake yang menampilkan tokoh-tokoh terkemuka di ruang crypto, seperti CEO Ripple Brad Garlinghouse dan pendiri blockchain Cardano Charles Hoskinson.

Kemiripan dengan persona asli dalam video-video ini sangat mencengangkan, dan Hoskinson menyatakan bahwa dalam beberapa tahun ke depan, deepfake yang dihasilkan AI akan menjadi begitu canggih sehingga akan mustahil untuk membedakan antara kenyataan dan penipuan.

Secara keseluruhan, Dogecoin telah membuktikan dirinya lebih dari sekadar meme, dengan melampaui seluruh sektor crypto AI dalam hal kapitalisasi pasar. Ini menunjukkan bahwa dalam dunia crypto, kejutan selalu mungkin terjadi, dan nilai sebenarnya sering kali ditemukan di tempat yang paling tidak terduga.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Tron Weekly