Dogecoin: Pergerakan Harga DOGE Mirip dengan Akhir 2020, Akankah Meroket Lebih dari 1.000%?

Dogecoin: Pergerakan Harga DOGE Mirip dengan Akhir 2020, Akankah Meroket Lebih dari 1.000%?

Dogecoin, mata uang crypto meme coin terbesar di dunia, baru-baru ini menunjukkan pergerakan harga yang mirip dengan akhir tahun 2020. Saat itu, DOGE berhasil bangkit dari pasar bearish dan meroket lebih dari 1.000% pada awal tahun 2021. Apakah sejarah akan terulang kembali?

Pergerakan Harga DOGE Mirip dengan Akhir 2020

Pergerakan Harga DOGE Mirip dengan Akhir 2020
CoinMarketCap

Salah satu prinsip utama dari Teori Dow adalah bahwa tren harga aset bersifat berulang, mengikuti pepatah Mark Twain yang terkenal: “Sejarah tidak pernah terulang, tetapi sering kali berima.” Oleh karena itu, para trader sering memeriksa apakah pergerakan harga saat ini mirip dengan sesuatu dari masa lalu untuk memahami apa yang akan terjadi selanjutnya.

Baca Juga: Kebocoran Besar di Dunia Crypto: ParaSwap Berhasil Pulihkan Dana Pengguna!

Dogecoin baru-baru ini naik di atas moving average sederhana 50, 100, dan 200 minggu yang banyak dilacak, mengakhiri konsolidasi 20 bulan yang berkepanjangan di kedalaman pasar bearish. SMA 50 minggu telah bergerak di atas SMA 100 minggu, menandakan perubahan momentum yang bullish.

Kedua perkembangan ini sangat mirip dengan yang terjadi pada akhir tahun 2020. Fraktal yang disebut-sebut ini penting karena DOGE mengalami reli eksplosif dalam lima bulan pertama tahun 2021.

Konsolidasi Pasar Bear 20 Bulan

Konsolidasi Pasar Bear 20 Bulan

Dogecoin menghabiskan 20 bulan di kedalaman pasar bearish, antara 5 dan 15 sen, sebelum menembus lebih tinggi dari kisaran tersebut akhir bulan lalu. Konsolidasi pasar bearish 20 bulan yang serupa sepanjang paruh kedua tahun 2019 dan 2020 menjadi tahap untuk reli besar pada awal tahun 2021.

Saat itu, mata uang crypto tersebut mencatat lonjakan 3.600% menjadi 37 sen pada bulan Mei 2021. Jadi, jika fraktal 2019-20 menjadi panduan, jalur resistensi terkecil DOGE bisa berada di sisi yang lebih tinggi. Melihat lebih dekat pada grafik menunjukkan bahwa tren naik DOGE tajam tetapi jarang bertahan lebih dari enam bulan. Sementara itu, kejatuhan berikutnya dan proses bottoming/konsolidasi memakan waktu hampir tiga tahun.

Jadi, ke arah mana mata uang crypto terbesar ke-9 berdasarkan kapitalisasi pasar ini akan bergerak selanjutnya?

Kesimpulan

Apakah Dogecoin akan mengulangi kesuksesan tahun 2020? Hanya waktu yang akan menjawabnya. Namun, dengan pergerakan harga saat ini yang mirip dengan akhir tahun 2020, ekspektasi pelonggaran likuiditas, dan analis yang memperkirakan DOGE dapat mencapai $1, ada kemungkinan bahwa mata uang meme ini dapat membuat kejutan lagi.

Baca Juga: AIOZ Network: Bermitra dengan Alibaba, Raih Prediksi Harga $1,20

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi