Do Kwon Menentang Ekstradisi ke AS? Ini yang Sebenarnya Terjadi!

Do Kwon Menentang Ekstradisi ke AS? Ini yang Sebenarnya Terjadi!

Mantan pendiri Terraform Labs, Do Kwon, yang telah berada di Montenegro sejak penangkapannya pada bulan Maret 2023, dilaporkan akan diekstradisi ke Amerika Serikat untuk menghadapi tuduhan penipuan. Pengadilan Tinggi di Podgorica menolak permintaan untuk mengekstradisi Kwon ke Korea Selatan.

Keputusan tersebut menyusul banding oleh tim hukum Kwon, dengan alasan bahwa menteri kehakiman Montenegro memiliki kewenangan akhir untuk memutuskan ekstradisi pendiri Terraform tersebut — sebuah klaim yang ditolak oleh pengadilan tinggi. Masih belum jelas kapan Kwon akan berangkat ke Amerika Serikat. Simak berita lengkapnya berikutt ini!

Do Kwon Akan Hadapi Persidangan di AS

Sementara itu, Kantor Kejaksaan AS telah meminta agar seorang hakim federal menyetujui pembatasan perjalanan tambahan untuk mantan CEO Binance, Changpeng “CZ” Zhao. Kantor Kejaksaan AS meminta Zhao untuk tetap berada di benua AS hingga sidang vonisnya pada tanggal 30 April dan memberikan pemberitahuan tiga hari sebelum melakukan perjalanan apa pun untuk memungkinkan pemerintah mengajukan keberatan.

Jaksa penuntut juga meminta agar CZ menyerahkan paspor Kanada dan “semua paspor dan dokumen perjalanan lainnya yang masih berlaku dan kedaluwarsa” kepada tim hukumnya.

Baca Juga: Skandal Kejatuhan Terraform Labs: Bagaimana Nasib Do Kwon dan Dunia Crypto?

Mantan CEO FTX Hadapi Konflik Kepentingan

Mantan CEO kripto lainnya, Sam Bankman-Fried, kembali ke ruang sidang untuk membahas potensi konflik kepentingan yang melibatkan pengacaranya. Bankman-Fried melepaskan haknya atas representasi hukum yang bebas dari konflik dengan pengacara Marc Mukasey dan Torrey Young.

Kemunculan di ruang sidang di Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Selatan New York menandai salah satu dari sedikit kali Bankman-Fried terlihat di luar penjara sejak juri memvonis mantan CEO FTX tersebut atas tujuh tuduhan kejahatan pada bulan November 2023.

Baca Juga: Bitcoin Mencapai Tingkat ‘Extreme Greed’, ETF Jadi Sorotan!

Do Kwon Bertekad Melawan Ekstradisi

Seorang pengacara untuk mantan pengusaha kripto Do Kwon berencana untuk menantang keputusan terbaru oleh pengadilan di Montenegro untuk menyerahkan pendiri Terraform Labs tersebut ke AS alih-alih ke negara asalnya, Korea Selatan, di mana ia juga dicari atas tuduhan penipuan.

“Kami yakin bahwa keputusan ilegal ini tidak dapat bertahan di hadapan Pengadilan Banding, sama seperti dua keputusan sebelumnya,” kata Goran Rodic, seorang pengacara di Podgorica, menanggapi pertanyaan Bloomberg.

Rodic merujuk pada pertempuran hukum yang berlarut-larut dan putusan yang bertentangan oleh dua pengadilan berbeda di ibu kota Montenegro, Podgorica.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi