Do Kwon di Ujung Tanduk: Skandal Jatuhnya Raksasa Crypto, Bagaimana Nasibnya Saat Ini?

Do Kwon di Ujung Tanduk: Skandal Jatuhnya Raksasa Crypto, Bagaimana Nasibnya Saat Ini?

Kabar mengejutkan datang dari dunia crypto saat Do Kwon, pendiri Terraform Labs, dikabarkan akan diekstradisi ke Amerika Serikat. Keputusan ini diambil oleh Menteri Kehakiman Montenegro, Andrej Milović, yang memilih permintaan ekstradisi dari AS ketimbang Korea Selatan.

Kwon, yang ditangkap di Montenegro karena dokumen perjalanan palsu, menghadapi tuduhan serius terkait keruntuhan Terraform Labs yang memicu kekacauan di pasar crypto.

Ekstradisi ke Amerika Serikat

Do Kwon, yang sempat menjadi buronan internasional, kini berada di balik jeruji besi di Montenegro. Menurut laporan Wall Street Journal, Menteri Kehakiman Montenegro, Andrej Milović, berencana memenuhi permintaan ekstradisi dari pejabat AS.

Kwon menghadapi delapan tuduhan di AS, termasuk penipuan komoditas, penipuan sekuritas, penipuan melalui kawat, dan konspirasi untuk melakukan penipuan serta manipulasi pasar.

Baca Juga: Skandal Ekstradisi Do Kwon: Apakah Pendiri Terra Akan Dikirim ke AS atau Korea Selatan?

Kasus ini bermula dari kejatuhan Terraform Labs pada Mei 2022, yang memicu krisis di pasar crypto. Uang digital TerraUSD (UST) kehilangan tautannya dengan dolar AS, menyebabkan banyak perusahaan bangkrut. Kwon, yang sebelumnya diduga berada di Singapura, kini harus menghadapi hukum di AS, meskipun kemungkinan untuk diadili di Korea Selatan masih terbuka.

Kasus Hukum yang Berkepanjangan

do kwon ekstradisi
Sumber: Reuters

Proses hukum terhadap Do Kwon telah berlangsung lama dengan banyak spekulasi mengenai keberadaannya. Setelah tertangkap karena menggunakan dokumen perjalanan palsu, Kwon telah menghabiskan beberapa bulan di penjara Montenegro. Meskipun ia sebelumnya setuju untuk diekstradisi ke Korea Selatan, keputusan akhir berada di tangan Menteri Milović.

Milović belum mengumumkan keputusannya secara resmi dan mungkin menunggu putusan pengadilan terhadap banding terakhir yang diajukan Kwon. Sementara itu, AS telah menarik perhatian dengan menuntut beberapa tokoh besar crypto, termasuk CEO FTX Sam Bankman-Fried dan Changpeng “CZ” Zhao dari Binance.

Implikasi bagi Industri Crypto

Ekstradisi Do Kwon akan menjadi babak baru dalam saga panjang industri crypto. Kasus ini menyoroti risiko dan tantangan hukum yang dihadapi oleh para pelaku industri crypto. Kwon, yang pernah dianggap sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh di dunia crypto, kini menjadi contoh dari seberapa cepat kejatuhan bisa terjadi.

Keruntuhan TerraUSD dan Luna telah menghapus sekitar $40 miliar dari pasar crypto. Kejadian ini tidak hanya mempengaruhi investor dan perusahaan crypto, tetapi juga menarik perhatian regulator dan penegak hukum di seluruh dunia. Kini, semua mata tertuju pada hasil akhir dari kasus hukum Do Kwon.

Paragraf Penutup

Dunia crypto kembali dikejutkan dengan perkembangan terbaru kasus Do Kwon. Keputusan ekstradisi yang akan diambil oleh Menteri Kehakiman Montenegro ini tidak hanya akan menentukan nasib Kwon, tetapi juga memberikan sinyal kuat terhadap penegakan hukum di sektor crypto yang sering kali dianggap liar dan tidak terkendali.

Baca Juga: Mengenal Do Kwon, Sosok Penting di Balik Terra Luna

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi