DJ Terkenal Steve Aoki dan 3LAU Bagikan 50% Royalti Lagu Mereka ke Pemegang NFT Ini

author:

DJ Terkenal Steve Aoki dan 3LAU Bagikan 50% Royalti Lagu Mereka ke Pemegang NFT Ini

DJ terkenal dunia, Steve Aoki dan 3LAU dikabarkan bekerja sama untuk menggunakan IP CryptoPunks dengan cara yang menarik. Kedua DJ legendaris ini diketahui membentuk supergrup Metaverse yang disebut PUNX.

Kira-kira, apa yang bisa diharapkan dari kolaborasi ini?

Lagu Kolaborasi DJ Aoki dan 3LAU

lagu baru dj steve aoki

Dilansir dari Decrypt (26/4/23), musisi elektronik atau DJ terkenal Steve Aoki dan Justin “3LAU” Blau telah mengumumkan lagu pertama mereka sebagai duo yang terinspirasi dari CryptoPunks, PUNX. Secara singkat, PUNX digambarkan sebagai “supergrup audio-visual IRL-meet-metaverse”.

Sebuah lagu yang berjudul “Concentrate” dari DJ duo ini akan dirilis Jumat (28/4/23). Menurut laporan, lagu yang akan dirilis tersebut mengambil inspirasi dari akar CryptoPunks sebagai salah satu koleksi NFT pertama yang menonjol hingga saat ini.

“Kami benar-benar ingin lagu pertama ini mewujudkan semangat yang diwakili oleh CryptoPunks, sebuah underground yang pertama dari jenisnya, dan lebih khusus lagi, techie, berbasis teknologi, dan futuristik,” kata 3LAU kepada Decrypt.

Sama seperti lagu pada umumnya, “Concentrate” berdurasi lebih dari 3 menit, dengan musik elektronik yang bertempo cepat dan cocok untuk klub malam atau festival dengan sentuhan industrial.

PUNX Bagikan Royalti ke Pemegang NFT

Meski begitu, lagu ini akan berbeda dengan lagu-lagu pada umumnya karena PUNX akan memberikan 50% royalti “Concentrate” kepada 99 kolektor NFT, khususnya pemegang NFT 3LAU, pemegang NFT A0k1verse Passport Aoki, dan pemegang NFT CryptoPunks, dengan tujuan memberikan kembali kepada para kolektor dan mendemokratisasikan kepemilikan lagu tersebut.

Langkah unik ini dirasa menjadi langkah yang tepat untuk duo ini mengingat 3LAU juga merupakan salah satu pendiri dan CEO platform hak cipta musik Web3, Royal, yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada penggemar musik untuk mendukung artis favorit mereka dengan NFT yang memberi mereka hak atas persentase royalti lagu.

Dengan mendisrupsi kerangka kerja industri musik yang sudah ada, Royal memudahkan para artis untuk menghasilkan uang dan mempertahankan kepemilikan konten mereka. Hingga saat ini, lebih dari 11.000 orang telah menggunakan platform Royal untuk menghasilkan pendapatan lebih dari $2 juta yang setara dengan Rp29 miliar. Oleh karenanya, “Concentrate” akan dirilis di Royal dan 99 NFT-nya dapat diperdagangkan di sana setelah diterbitkan.

Baca juga: Perusahaan Hiburan Web3 Ini Bakal Rilis Serial Komedi Animasi ‘Space Junk’, Didukung oleh NFT!

Perkembangan Musik dan Web3

musik dan web3
NFT Now

Hingga saat ini, baik 3LAU maupun Aoki telah melakukan banyak pergerakan di dunia Web3, dan 3LAU membeberkan kepada Decrypt tentang kesamaan yang menyatukan mereka sebagai PUNX.

“Meskipun Steve melakukan tur keliling dunia, dia masih memiliki hasrat yang luar biasa terhadap teknologi Web3,” kata 3LAU tentang Aoki dan NFT.

Lebih lanjut, 3LAU berkomentar,

“Dengan meluncurkan proyek PUNX di Royal, kami tidak hanya mendorong batas-batas kreatif, kami juga memberdayakan komunitas kami untuk menjadi bagian dari perjalanan kami dan berbagi dalam kesuksesan kami sejak hari pertama. Ini adalah era baru dalam dunia musik, dan saya bangga bisa berada di garis depan dalam gerakan yang menarik ini.”

Tidak hanya itu, DJ Steve Aoki juga sangat antusias dengan usaha baru ini.

“Tidak hanya membangun komunitas, tetapi juga memberikan kontribusi secara langsung. Kami dapat memberi makan ekosistem dan menggabungkan para penggemar dengan para artis dengan cara yang dianggap mustahil sampai saat ini.” ucap Aoki.

Bukan hanya dikalangan para musisi elektronik, perkembangan teknologi Web3 juga telah banyak diadopsi oleh musisi-musisi dari berbagai genre, termasuk hip hop. Pasalnya, pada akhir Maret 2023 lalu, platform musik Metaverse yang bernama M.Vers, meluncurkan koleksi NFT untuk merayakan ulang tahun ke-50 Musik Hip-Hop.

Penasaran dengan rentetan acaranya? Simak selengkapnya di HUT Musik Hip Hop ke-50, M.Verse Luncurkan NFT dan Event di Metaverse!


Referensi: