Disney dan Epic Games Berkolaborasi Ciptakan Metaverse Senilai $1,5 Miliar

Disney dan Epic Games Berkolaborasi Ciptakan Metaverse Senilai $1,5 Miliar

Jakarta, Pintu News – Disney dan Epic Games, perusahaan di balik game Fortnite, baru-baru ini mengumumkan kerja sama untuk membangun sebuah “alam semesta game dan hiburan yang luas dan terbuka”. Sebagai bagian dari pengumuman tersebut, Disney mengungkapkan bahwa mereka telah menginvestasikan $1,5 miliar dalam bentuk ekuitas di Epic Games.

Kolaborasi Disney dan Epic Games

Kolaborasi ini mengikuti kesepakatan serupa yang dilakukan Disney dengan Lego pada tahun 2022. Saat itu, Epic Games menerima investasi sebesar $2 miliar dari Sony dan KIRKBI, sebuah perusahaan investasi yang dipimpin oleh keluarga di balik Lego. Investasi tersebut menghasilkan peluncuran game bertahan hidup Lego Fortnite pada awal tahun ini.

Baca Juga: Hari Q Semakin Dekat: Bisakah Ethereum Selamat dari Krisis Kuantum?

Peluncuran Lego Fortnite merupakan bagian dari era baru Fortnite, di mana Epic Games berupaya keras untuk memperluas game tersebut melampaui akar battle royale-nya, mengubahnya menjadi platform untuk berbagai jenis game dan pengalaman lainnya. Perilisan Lego Fortnite digabungkan dengan Fortnite Festival (game musik dari pencipta Rock Band) dan Rocket Racing (game balap dari studio di balik Rocket League).

Metaverse Disney dan Epic Games

disney buat task force ai
Sumber: Gizmodo

Meskipun detail tentang seperti apa proyek metaverse ini masih sedikit, Disney menjelaskan bahwa metaverse ini akan menawarkan berbagai peluang bagi konsumen untuk bermain, menonton, berbelanja, dan terlibat dengan konten, karakter, dan cerita dari Disney, Pixar, Marvel, Star Wars, Avatar, dan banyak lagi.

Pemain, gamer, dan penggemar akan dapat membuat cerita dan pengalaman mereka sendiri, mengekspresikan fandom mereka dengan cara khas Disney, dan berbagi konten satu sama lain dengan cara yang mereka sukai. Semua ini akan didukung oleh Unreal Engine. Kolaborasi ini juga menandai langkah terbesar Disney dalam dunia game dan menawarkan peluang signifikan untuk pertumbuhan dan ekspansi.

CEO Disney, Bob Iger, mengatakan bahwa mereka tidak sabar menunggu para penggemar untuk merasakan cerita dan dunia Disney yang mereka cintai dengan cara-cara baru yang inovatif. Sementara itu, bos Epic, Tim Sweeney, menambahkan bahwa mereka berkolaborasi untuk membangun sesuatu yang sama sekali baru untuk menciptakan ekosistem yang persisten, terbuka, dan interoperabel yang akan menyatukan komunitas Disney dan Fortnite.

Masa Depan Metaverse Disney dan Epic Games

Meskipun belum jelas kapan metaverse ini akan diluncurkan, kolaborasi tersebut telah menghasilkan pengumuman yang menarik: Rocket League, yang berada di bawah naungan Epic Games, akan mendapatkan pembaruan bertema Mandalorian lengkap dengan hiasan mobil Grogu.

Baca Juga: ETF Bitcoin Hong Kong Tak Bisa Dibeli Investor Mainland China, Ada Apa?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi