Direktur Bank Argentina Sebut CBDC adalah Solusi untuk Pajak dan Stabilitas Moneter

author:

Direktur Bank Argentina Sebut CBDC adalah Solusi untuk Pajak dan Stabilitas Moneter

Argentina sedang berada di ambang revolusi moneter besar. Dengan dukungan dari pejabat bank sentral dan calon presiden, negara ini berencana untuk memperkenalkan mata uang digital sentral atau Central Bank Digital Currency (CBDC) yang dikenal sebagai “peso digital”. Inisiatif ini diharapkan dapat membantu mengatasi berbagai masalah ekonomi yang dihadapi negara tersebut.

CBDC: Solusi untuk Pajak dan Stabilitas Moneter

banker argentina dukung proyek cbdc
Juan Agustín D’Attellis Noguera – Sumber: Crypto News

Juan Agustín D’Attellis Noguera, direktur Banco Central de la República Argentina, telah menunjukkan dukungan kuat terhadap inisiatif peso digital.

Menurut Noguera, CBDC dapat membantu pemerintah dalam mengumpulkan pajak berkat fitur pelacakan yang dimilikinya. Dengan demikian, pemerintah dapat memperluas jaringan pajak tanpa perlu menaikkan tarif pajak.

Selain itu, Noguera juga berpendapat bahwa CBDC dapat membantu menyelesaikan masalah moneter negara tersebut. Peso Argentina yang tidak stabil seringkali harus bersaing dengan dolar Amerika Serikat, bahkan sebagai metode pembayaran. Dengan memperkenalkan CBDC, Noguera berharap dapat mengatasi tantangan moneter yang berulang ini.

Baca juga: Calon Presiden Argentina Sergio Massa Janji untuk Luncurkan Mata Uang Digital (CBDC)

Peluncuran Bertahap Peso Digital

banker argentina dukung proyek cbdc
Sumber: Coinscreed

Pemerintah Argentina berencana untuk meluncurkan peso digital secara bertahap. Awalnya, CBDC akan berdampingan dengan uang tunai, dengan penggantian total mata uang kertas terjadi pada tahap akhir proyek.

Langkah ini diharapkan dapat memfasilitasi transisi yang mulus ke ekonomi digital. Sergio Massa, Menteri Ekonomi dan juga calon presiden, telah berjanji untuk meluncurkan CBDC jika terpilih untuk mengatasi krisis inflasi yang berkepanjangan di Argentina.

Namun, Massa saat ini sedikit tertinggal dari Javier Milei, kandidat pro-Bitcoin yang ingin mengadopsi dolar AS sebagai mata uang Argentina.

Dengan potensi manfaat dari CBDC dan dinamika saat ini, Argentina mungkin sedang berada di ambang transformasi moneter. Langkah menuju ekonomi digital mungkin merupakan perubahan yang dibutuhkan negara ini untuk stabil dan berkembang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: