Rusia Bersiap Meluncurkan Digital Ruble di Amerika Latin pada 2025!

Rusia Bersiap Meluncurkan Digital Ruble di Amerika Latin pada 2025!

Rusia semakin mempercepat pengembangan dan peluncuran mata uang digital bank sentralnya, Digital Ruble. Dengan trial yang berjalan sesuai rencana dan dukungan dari pejabat tinggi, Rusia berambisi untuk memperkenalkan Digital Ruble di Amerika Latin pada 2025. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Komentar dari Pejabat Tinggi Rusia

Dilansir dari Cryptonews, Anatoly Aksakov, Ketua Komite Pasar Keuangan Duma Negara, menyatakan bahwa perusahaan Rusia akan menggunakan Digital Ruble di Amerika Latin paling lambat pada 2025.

Aksakov menekankan bahwa Digital Ruble akan memasuki arena internasional pada 2025 dan dapat digunakan dalam “penyelesaian bersama” dengan negara-negara Amerika Latin.

Dia juga mengajak bank sentral Amerika Latin untuk membangun hubungan yang lebih erat dengan Moskow terkait masalah CBDC.

Baca Juga: Bank Sentral Rusia Siapkan Digital Ruble untuk Transaksi Internasional!

Pembaruan dari Bank of Russia

Elvira Nabiullina, gubernur Bank of Russia, menyatakan bahwa pilot Digital Ruble berjalan sesuai rencana dan lebih banyak peserta serta kasus penggunaan akan ditambahkan tahun depan.

Saat ini, 13 bank terlibat dalam pilot yang mencakup aktivitas di Moskow dan sepuluh kota lainnya di Rusia. Meskipun hanya 13 bank yang menyelesaikan persiapan yang diperlukan untuk fase pertama, 16 bank lainnya akan disertakan tahun depan.

Baca Juga: Rusia Perluas Cakupan Digital Ruble, Langkah Besar Menuju Pembayaran Lintas Batas!

Penerimaan dan Harapan untuk Digital Ruble

masa depan digital ruble
Anatoly Aksakov. Sumber: Bitcoin News

Ide Digital Ruble semakin mendapatkan traksi, dengan lebih dari setengah warga Rusia terbuka untuk menyimpan sebagian aset mereka dalam CBDC Rusia.

Namun, hanya 2% pengguna yang disurvei menyatakan mereka siap menyimpan semua tabungan mereka sebagai Digital Ruble. Skorobogatova dan Nabiullina berharap Digital Ruble akan mencapai adopsi arus utama di Rusia pada 2025.

Dengan dukungan yang kuat dari pejabat pemerintah dan bank sentral, serta respons positif dari masyarakat, Digital Ruble menunjukkan potensi besar untuk mengubah lanskap keuangan Rusia dan memperluas pengaruhnya di luar negeri, khususnya di Amerika Latin.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi: