Digital Power Network: Inisiatif Baru untuk Masa Depan Penambangan Crypto

Digital Power Network: Inisiatif Baru untuk Masa Depan Penambangan Crypto

Chamber of Digital Commerce, sebuah organisasi perdagangan yang berfokus pada teknologi blockchain dan crypto, baru-baru ini meluncurkan Digital Power Network (DPN).

DPN adalah koalisi yang mewakili sebagian besar penambang crypto di Amerika Serikat, dengan tujuan untuk mempengaruhi kebijakan yang berkaitan dengan industri penambangan.

Digital Power Network: Sebuah Koalisi Penambangan Crypto

DPN diluncurkan sebagai afiliasi pertama dari Chamber of Digital Commerce dan memiliki banyak anggota tim yang sama. Asal-usulnya dapat ditemukan dalam Inisiatif Penambangan Chamber.

Baca Juga: Regulasinya Masih Abu-abu, Kazakhstan Raup Rp102 Miliar dari Pajak Penambangan Crypto

DPN memulai debutnya dengan 11 anggota, termasuk Argo, BitDigital, BitFarms, dan lainnya. Bersama-sama, mereka mewakili lebih dari 50% dari hash rate Bitcoin di AS.

Misi utama dari DPN adalah untuk memimpin advokasi kebijakan untuk penambangan aset digital dan membentuk masa depan kebijakan energi, dengan fokus khusus pada teknologi Bitcoin dan teknologi blockchain.

Tantangan dan Peluang bagi Penambang Bitcoin

reward block bitcoin
Reward Block Bitcoin. Sumber: Deltec Bank

Dengan Bitcoin halving yang akan datang pada April 2024, penambang harus menyesuaikan strategi mereka untuk mengkompensasi pengurangan hadiah blok.

Efisiensi energi dan perangkat keras yang hemat biaya menjadi prioritas utama, terutama dengan hadiah blok yang akan berkurang 50% setelah setiap acara halving.

Selain itu, penambang disarankan untuk mengakumulasi modal berlebih dalam BTC yang ditambang selama periode yang menguntungkan.

Cadangan ini dapat membantu mengimbangi dampak dari hadiah blok yang berkurang setelah halving.

Pendekatan Alternatif untuk Meningkatkan Pendapatan Penambang

Bitcoin Ordinals, yang menambahkan metadata ke setiap satoshi, telah menarik perhatian dengan meningkatkan biaya transaksi dalam jaringan Bitcoin.

Dengan meningkatnya jumlah inskripsi, pendapatan yang dihasilkan dari transaksi juga meningkat, menunjukkan bahwa aliran pendapatan alternatif bagi penambang mungkin menjadi penting dalam jangka panjang.

Baca Juga: Federasi Rusia Beberkan Rencana Legalisasi Penambangan Crypto pada tahun 2024

Proyek seperti Bitcoin Ordinals dapat mengubah persamaan profitabilitas bagi penambang, meningkatkan permintaan pengguna untuk membuat inskripsi, dan memotivasi penambang untuk memasukkan transaksi mereka dalam blok berikutnya.

Paragraf Penutup

Inisiatif seperti Digital Power Network menunjukkan komitmen industri untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang dalam dunia penambangan Bitcoin dan crypto secara keseluruhan.

Dengan dukungan dari organisasi besar seperti Chamber of Digital Commerce, masa depan penambangan crypto tampaknya cerah dan penuh dengan potensi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: