Prancis Kini Dukung Penyedia Layanan Crypto! Adopsi Crypto Makin Gencar di Eropa?

Prancis Kini Dukung Penyedia Layanan Crypto! Adopsi Crypto Makin Gencar di Eropa?

Sebuah bisnis layanan aset yang dimiliki oleh bank terbesar kedua di Perancis, Crédit Agricole, dan bank terbesar di Spanyol, Santander, telah terdaftar di otoritas pasar keuangan Prancis, Autorité des Marchés Financiers (AMF) sebagai digital asset service provider (DASP).

Pendaftaran yang diberikan oleh AMF pada akhir bulan Juni 2023 ini, akan memungkinkan entitas tersebut, Caceis, untuk menyediakan layanan penyimpanan untuk aset digital, termasuk mata uang crypto.

Pada akhir tahun 2022, perusahaan ini memiliki aset sebesar 4,1 triliun euro ($4,51 triliun) di bawah penitipannya.

Caceis dan Tantangan Pasar Crypto di Prancis

Langkah ini menambahkan sebuah kelompok besar layanan finansial tradisional ke dalam jumlah perusahaan crypto yang terdaftar oleh pengawas Prancis, seperti yang dicatat oleh Reuters dalam laporannya.

Baca Juga: Lebih Santuy, Prancis Beri Perusahaan Crypto Waktu Untuk Menyesuaikan Regulasi

Daftar DASP sudah termasuk anak perusahaan dari pemain besar lainnya di pasar keuangan Perancis seperti Societe Generale dan AXA.

Caceis didirikan pada tahun 2005 melalui penggabungan aktivitas manajemen aset dari Crédit Agricole dan Caisse d’Epargne, sebuah grup perbankan koperatif Prancis.

Bisnis Servis Aset dari Crédit Agricole dan Santander

Regulasi Crypto Prancis
Sumber: Bitcoinist

Dengan saham sebesar 69,5%, Crédit Agricole adalah pemilik mayoritasnya sementara Santander memiliki saham sebesar 30,5%.

Meskipun Prancis memiliki sikap yang terbuka terhadap industri crypto, namun sebuah laporan pers mengungkapkan bahwa entitas Binance di Prancis baru-baru ini menjadi target investigasi karena dugaan pencucian uang dan penyediaan layanan aset digital secara ilegal.

Baca Juga: Gubernur Bank Prancis Buka Suara, Semua Perusahaan Crypto di Prancis Harus Berlisensi!

Meski demikian, pejabat Prancis mengundang perusahaan crypto yang mencari perlindungan dari pengetatan regulasi di AS, dengan menyatakan bahwa kerangka hukum Prancis menawarkan kepastian regulasi yang lebih.

Dengan dukungan dari 2 bank besar Eropa dan adanya regulasi yang mendukung, pergerakan Caceis di pasar aset digital ini patut untuk kita antisipasi.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: