Peluncuran Dialog Ekonomi dan Keuangan India-Indonesia: Gerbang Baru Kerjasama Timur Tengah dan ASEAN!

Peluncuran Dialog Ekonomi dan Keuangan India-Indonesia: Gerbang Baru Kerjasama Timur Tengah dan ASEAN!

Dalam pengembangan yang signifikan, Menteri Keuangan India, Nirmala Sitharaman, dan rekan sejawatnya dari Indonesia, Sri Mulyani Indrawati, mengumumkan peluncuran Dialog Ekonomi dan Keuangan antara kedua negara.

Dialog ini, yang diumumkan pada 16 Juli di pertemuan G20 para menteri keuangan dan gubernur bank sentral di Gandhinagar, bertujuan untuk memperdalam kemitraan antara India dan Asia Tenggara sambil mendorong stabilitas ekonomi dan keuangan global.

Dengan latar belakang “Kebijakan Lihat Ke Timur” India dan “Kebijakan Bertindak ke Timur” yang berikutnya, hubungan bilateral antara India dan Indonesia telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, dengan yang terakhir muncul sebagai mitra dagang terbesar India di kawasan ASEAN.

Mengembangkan Hubungan Bilateral

Seiring berjalannya waktu, India dan Indonesia telah menyaksikan perkembangan pesat dalam bidang komersial dan budaya.

Baca Juga: Revolusi Industri Crypto di Indonesia: Mengenal Apa itu Hari Bank Indonesia dan Peran Vitalnya!

Sejak adopsi “Kebijakan Lihat Ke Timur” pada tahun 1991, yang diikuti oleh “Kebijakan Bertindak ke Timur”, hubungan bilateral antara kedua negara telah berkembang secara signifikan.

Fokus pada Area Kerjasama Kunci

Dialog Ekonomi dan Keuangan antara India dan Indonesia akan mencakup berbagai area minat bersama.

Salah satu aspek penting adalah investasi bilateral, yang bertujuan untuk memfasilitasi peningkatan aliran investasi lintas batas antara kedua negara.

Relevansi Industri Crypto dalam Dialog Ekonomi India-Indonesia

ide bisnis crypto di indonesia
Sumber: Global Business Outlook

Di tengah popularitas yang meningkat dari kriptokurensi dan teknologi blockchain, peluncuran Dialog Ekonomi dan Keuangan memiliki relevansi bagi industri kripto juga.

Peluncuran Dialog Ekonomi dan Keuangan antara India dan Indonesia menandai langkah signifikan dalam memperkuat hubungan bilateral dan mendorong kerjasama ekonomi.

Baca Juga: Indonesia Summit 2022: Indonesia Berpeluang Jadi Pusat Crypto Global

Dengan fokus pada area seperti investasi bilateral, layanan keuangan, dan pengembangan infrastruktur, dialog ini membuka panggung untuk peningkatan kolaborasi dan manfaat bersama.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: