DFINITY Foundation Luncurkan Dana Hibah Rp74 Miliar untuk Dukung AI Desentralisasi!

author:

DFINITY Foundation Luncurkan Dana Hibah Rp74 Miliar untuk Dukung AI Desentralisasi!

DFINITY Foundation, organisasi ilmu pengetahuan dan teknologi nirlaba dan kontributor utama untuk blockchain Internet Computer (ICP), baru-baru ini mengumumkan peluncuran dana hibah senilai $5 juta (Rp74 miliar) untuk mendukung proyek-proyek yang memanfaatkan AI di ICP.

Blockchain Internet Computer adalah satu-satunya blockchain yang dapat menjalankan AI yang benar-benar desentralisasi. Ini berbeda dengan blockchain lain yang mengintegrasikan plug-in AI tetapi bergantung pada AWS atau penyedia cloud terpusat lainnya untuk fungsi plug-in.

Mengapa DFINITY Memilih AI Desentralisasi?

jepang dan teknologi AI
Sumber: South China Morning Post

Dominic Williams, Chief Scientist dan Pendiri DFINITY Foundation, mengatakan,

“Ada banyak hype seputar AI dan blockchain baru-baru ini, tetapi AI belum berjalan di blockchain. Internet Computer akan menjadi blockchain pertama yang menjalankan model AI canggih di jaringannya yang desentralisasi dan tanpa izin dalam mode semi-tanpa kepercayaan. Nantinya, kami akan merilis kontrak pintar AI penuh yang memanfaatkan pekerjaan yang memungkinkan jaringan saraf berjalan secara deterministik.”

Menurut Williams, banyak proyek di Internet Computer sudah bergantung pada AI, tetapi mereka mengantisipasi penggunaan yang lebih berat setelah AI Web3 asli tersedia. Lebih umum, di masa depan, mereka percaya bahwa blockchain akan memainkan peran penting dalam membantu dunia mempercayai AI dengan data dan keputusannya.

Baca juga: BlackRock Mengakui Kekuatan AI, Minat Pada Chainlink dan InQubeta Melonjak!

Keuntungan menjalankan AI di Internet Computer, yang berperan sebagai cloud otonom, mencakup menjalankan AI dalam lingkungan terbuka, di jaringan publik, menjalankan AI dengan cara yang memungkinkan model AI dan data yang digunakan untuk pelatihan atau inferensi dipisahkan, memungkinkan berbagai pihak yang tidak saling percaya untuk menggabungkan model dan data mereka di pasar terbuka, dan menjalankan AI yang benar-benar terintegrasi dengan Web3, di mana dapat dipanggil oleh kode blockchain on-chain yang disebut smart contract.

Proyek AI di Internet Computer

proyek ai internet kompputer
Sumber: Freepik

Beberapa proyek yang memanfaatkan AI di ICP antara lain IC1101 yang menggunakan AI untuk memungkinkan karakter metaverse-nya merespons/melakukan obrolan, Dmail yang menggunakan AI untuk memungkinkan penggunanya secara otomatis membuat respons terhadap pesan seperti email, dan Itoka yang melakukan tokenisasi musik yang dihasilkan oleh AI.

EMC adalah protokol layer 2 yang telah terintegrasi dengan ICP dan berfokus pada distribusi daya komputasi ke pengembang AI. StageAI adalah platform kecerdasan buatan Web3 full-stack. Manfaat menjalankan model AI di Internet Computer daripada di layanan Web2 adalah kepercayaan. Model AI yang berjalan di Internet Computer dapat dipercaya karena eksekusi tanpa kepercayaan yang disediakan oleh platform.

Ini berarti bahwa eksekusi AI dapat diverifikasi dan aman, memastikan bahwa hasil yang dihasilkan oleh model tersebut dapat diandalkan. Internet Computer memungkinkan menjalankan AI dengan cara yang memungkinkan pemisahan model AI dan data. Ini memungkinkan berbagai pihak yang tidak saling percaya untuk menggabungkan model dan data mereka di pasar terbuka.

Baca juga: Elon Musk Luncurkan xAI: Inovasi AI yang Akan Mengguncang Dunia Teknologi!

Dana Hibah DeAI

Menurut laporan, dana hibah DeAI senilai $5 juta atau setara dengan Rp74 miliar bertujuan untuk mendukung dan mendorong pengembangan dan integrasi aplikasi AI di blockchain Internet Computer. AI sudah memainkan peran penting dalam banyak proyek ICP, dengan banyak lagi yang diharapkan dapat memanfaatkan dana DeAI.

Pengembang AI yang ingin membangun proyek DeAI di Internet Computer dapat mengajukan dana hibah DeAI di website resmi mereka. DFINITY Foundation adalah organisasi nirlaba yang terdiri dari kriptografer, ilmuwan komputer, dan ahli komputasi terdistribusi terkemuka.

Dengan misi untuk mengubah komputasi cloud menjadi sepenuhnya desentralisasi, Foundation memanfaatkan pengalamannya untuk menciptakan Internet Computer dan saat ini beroperasi sebagai kontributor utama untuk jaringan tersebut.

Pada akhirnya, melalui peluncuran dana hibah ini, DFINITY Foundation menunjukkan komitmennya untuk mendorong inovasi dan perkembangan dalam AI desentralisasi. Meskipun masih ada tantangan yang harus diatasi, langkah ini menunjukkan potensi besar dari AI yang berjalan di blockchain, dan bagaimana ini dapat membuka peluang baru dalam teknologi dan aplikasi AI.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: