Batas Validator Ethereum Naik 64x Lipat, Apa Dampaknya?

Batas Validator Ethereum Naik 64x Lipat, Apa Dampaknya?

Pengembang Ethereum sedang mempertimbangkan untuk meningkatkan batas validator dari 32 Ethereum (ETH) menjadi 2048 ETH. Jika usulan ini disetujui, ini akan menjadi perubahan signifikan yang mungkin berdampak besar pada ekosistem Ethereum. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Batas Validator Ethereum: Apa Itu dan Mengapa Mereka Mau Meningkatkannya?

Batas validator adalah jumlah minimal ETH yang harus dikunci oleh validator untuk berpartisipasi dalam jaringan Ethereum. Dengan menaikkan batas ini, pengembang Ethereum berharap untuk meningkatkan keamanan jaringan.

Selain itu, lonjakan batas ini juga dapat membantu mencegah serangan sybil, di mana satu entitas mencoba untuk mengontrol jaringan dengan membuat banyak validator. Dengan batas yang lebih tinggi, biaya untuk melancarkan serangan semacam itu akan menjadi jauh lebih mahal dan oleh karena itu kurang mungkin terjadi.

Baca Juga: Heboh! Ethscriptions, Inovasi Terpanas Ethereum yang Guncang Dunia Blockchain!

Bagaimana Lonjakan Batas Validator Ethereum Bisa Mempengaruhi Ekosistem Ethereum?

total validator ethereum
Total Validator Ethereum. Sumber: Beaconcan

Perubahan batas validator Ethereum ini bisa berdampak signifikan pada ekosistem Ethereum. Dalam konteks validator, mereka yang saat ini beroperasi mungkin perlu meningkatkan jumlah ETH mereka untuk tetap memenuhi syarat sebagai validator. Mengumpulkan jumlah ETH yang lebih besar bisa menjadi tantangan bagi beberapa validator, terutama yang lebih kecil, dan dapat berpotensi mengubah struktur partisipasi dalam jaringan.

Di sisi lain, peningkatan batas ini juga bisa membuat partisipasi dalam jaringan Ethereum menjadi lebih eksklusif dan terjangkau hanya oleh mereka yang memiliki banyak ETH. Ini mungkin berpotensi mengkonsolidasikan kekuatan di antara segelintir validator besar, mengancam prinsip desentralisasi yang menjadi inti dari Ethereum dan blockchain pada umumnya.

Baca Juga: ERC-6551: Pendorong Revolusi Baru dalam Dunia NFT, Menyapu Batasan Antara NFT dan Crypto Wallet!

Apa Selanjutnya Untuk Ethereum?

Saat ini, usulan untuk meningkatkan batas validator Ethereum masih dalam tahap diskusi. Keputusan akhir akan memerlukan konsensus di antara komunitas pengembang dan validator Ethereum. Jika disetujui, perubahan ini akan membutuhkan waktu untuk diimplementasikan dan pengguna Ethereum perlu menyesuaikan diri dengan perubahan ini.

Implementasi potensial perubahan ini juga akan membawa serangkaian pertanyaan baru tentang bagaimana mengelola transisi, seperti bagaimana memberikan waktu yang cukup bagi validator untuk menyesuaikan staking mereka dan apa yang terjadi jika validator tidak dapat mencapai batas baru. Namun, jika berhasil, ini bisa menjadi langkah penting menuju Ethereum yang lebih aman dan lebih stabil.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: