Pecinta Prangko Merapat, Kini Deutsche Post Hadirkan Prangko Crypto Pertama di Dunia!

Pecinta Prangko Merapat, Kini Deutsche Post Hadirkan Prangko Crypto Pertama di Dunia!

Deutsche Post, penyedia layanan pos terkemuka di Jerman, baru saja memperkenalkan prangko crypto pertama di dunia. Prangko ini bukan sekedar prangko biasa, melainkan juga merupakan Non-Fungible Token (NFT) yang dibangun di atas blockchain Polygon. Inilah bagaimana Deutsche Post mengubah definisi filateli, dengan menggabungkan dunia fisik dan digital dalam satu prangko. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Prangko Crypto: Perpaduan Seni Prangko dan Teknologi Blockchain

prangko crypto deutsche
Sumber: AMB Crypto

Prangko crypto pertama dari Jerman ini menampilkan ikon “Brandenburger Tor” yang diolah oleh AI. Lebih dari sekedar keindahan visual, prangko ini juga merupakan pertunjukan teknologi. Gambaran Gerbang Brandenburg, yang dipandang melalui kecerdasan buatan, mencerminkan estetika era digital yang dipixelkan dan disederhanakan.

Prangko ini diperkenalkan pada 2 November 2023, menandai awal dari seri “Historical Buildings”. Ini adalah undangan bagi para kolektor untuk mengeksplorasi dunia filateli dalam bentuk fisik dan digital.

Prangko crypto ini dibuat di Polygon, sebuah blockchain publik yang dikenal karena keahliannya dalam NFT. Dengan menggunakan metode “Proof of Stake”, Polygon dapat melakukan transaksi dengan jejak energi yang sangat rendah.

Baca Juga: Kota Sharjah Luncurkan Platform NFT untuk Menerbitkan Sertifikat Digital Terverifikasi!

Nomor Individu dan Kode Matriks

Prangko crypto ini memiliki kelebihan dibandingkan prangko crypto lainnya: berkat kode matriks yang unik, baik prangko fisik maupun representasi visual NFT memiliki penomoran individu. Konsep pengumpulan barang berharga digital telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Prangko telah mencatat tonggak sejarah teknologi, sejarah, dan budaya. Oleh karena itu, Deutsche Post mengambil langkah strategis dan visioner untuk meningkatkan pengalaman mengumpulkan prangko dengan komponen digital era baru, sambil mempertahankan esensi filateli tradisional.

Baca Juga: Pengadilan Tinggi Singapura Gunakan NFT untuk Melacak Dompet Crypto yang Dibobol

Tren Baru di Dunia Filateli

booklet nft stamp deutsche post
Sumber: Deutsche Post

Dengan peluncuran prangko crypto ini, Deutsche Post telah memulai era baru dalam dunia filateli. Prangko ini tidak hanya menarik bagi para kolektor prangko, tetapi juga bagi mereka yang tertarik dengan teknologi blockchain dan NFT. Dengan prangko ini, Deutsche Post telah berhasil menggabungkan seni prangko tradisional dengan teknologi blockchain yang canggih, menciptakan produk yang unik dan menarik.

Peluncuran prangko crypto ini oleh Deutsche Post adalah langkah besar dalam menggabungkan dunia fisik dan digital. Ini menunjukkan bagaimana teknologi blockchain dan NFT dapat digunakan dalam cara-cara baru dan inovatif. Dengan prangko ini, Deutsche Post telah membuka jalan bagi masa depan filateli yang menarik dan dinamis.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: