Tak Disangka, Circle dan Sequoia Termasuk 10 Deposan Teratas di Silicon Valley Bank (SVB)!

Tak Disangka, Circle dan Sequoia Termasuk 10 Deposan Teratas di Silicon Valley Bank (SVB)!

Circle, penerbit Stablecoin, dan Sequoia Capital, perusahaan modal ventura, dilaporkan menjadi salah satu dari 10 deposan teratas di Silicon Valley Bank (SVB) yang berorientasi crypto dan baru saja runtuh, pada bulan Maret 2023. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Keruntuhan Silicon Valley Bank dan Dampaknya

dampak keruntuhan svb
Sumber: Akun Twitter The Wisenthal

Menurut laporan Bloomberg tanggal 23 Juni 2023, Dokumen yang diberikan oleh Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC) menunjukkan bahwa Circle, Sequoia, dan lainnya memiliki deposit dalam jumlah miliaran dolar yang tidak diungkapkan.

Setelah SVB runtuh, Federal Reserve mengumumkan bahwa mereka akan bekerja sama dengan FDIC untuk melunasi deposan yang diasuransikan dan tidak diasuransikan dalam kebanyakan situasi, FDIC hanya mengasuransikan hingga $250.000 per deposan.

Circle dilaporkan memiliki deposit sekitar $3,3 miliar, sementara Sequoia memiliki sekitar $1 miliar. Deposan besar lainnya termasuk Silicon Valley Bank itu sendiri, SVB Financial Group, perusahaan riset bioteknologi Altos Labs, dan Kanzhun Limited, perusahaan asal China yang mengelola platform rekrutmen online besar.

Baca Juga: Bank Ini Akuisisi Cabang Silicon Valley Bank di Inggris Dengan Harga Rp18 Ribu?

Implikasi Bagi Regulator AS

Kegagalan SVB dan runtuhnya Signature Bank dan First Republic Bank telah mempertajam fokus pada bagaimana regulator di Amerika Serikat menangani asuransi deposit.

Meskipun Fed, FDIC, dan Departemen Keuangan mengatakan bahwa melindungi deposit SVB dan Signature lebih dari $250.000 adalah bagian dari “pengecualian risiko sistemik,” mereka dilaporkan telah menjelajahi peningkatan batas asuransi.

Baca Juga: Gokil! Kapitalisasi Pasar Bitcoin Berhasil Salip Meta dan Visa, Tesla Target Berikutnya?

Dampak Pada Circle dan Pasar Crypto

circle dan pasar crypto
Sumber: Coincu News

Setelah keruntuhan SVB pada Maret dan Circle mengonfirmasi bahwa mereka memiliki eksposur sekitar $3,3 miliar terhadap bank, stablecoin milik perusahaan, USD Coin (USDC), sempat terlepas dari dolar AS.

Pada bulan Juni, penerbit stablecoin tersebut mengumumkan bahwa mereka berencana meluncurkan versi asli USDC di jaringan Arbitrum.

Keruntuhan Silicon Valley Bank telah mengguncang ekosistem keuangan dan crypto, menyoroti potensi kerentanan dalam sistem saat ini dan dampak yang bisa terjadi pada pelaku pasar utama seperti Circle dan Sequoia Capital.

Ini juga menggarisbawahi urgensi untuk regulasi yang lebih kuat dan langkah-langkah perlindungan untuk deposan. Perubahan dalam praktik dan kebijakan ini mungkin menjadi kunci untuk stabilitas dan keberlanjutan sektor keuangan di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: