DePIN: Masa Depan Dunia DeFi yang Menakjubkan!

author:

DePIN: Masa Depan Dunia DeFi yang Menakjubkan!

Era baru dalam dunia crypto dan DeFi sedang berkembang dengan pesat. Konsep DePIN (Decentralized Physical Infrastructure Networks) kini menjadi topik hangat di kalangan entusiast crypto, menjanjikan revolusi dalam infrastruktur fisik yang terdesentralisasi.

Efisiensi Biaya dan Permintaan Pasar

Menurut cuitan Viktor DeFi dari @ViktorDefi, biaya untuk alternatif DePIN adalah sepuluh kali lebih rendah dibandingkan penyedia layanan terpusat. Hal ini mencerminkan penghematan signifikan dan potensi pertumbuhan besar di sektor ini. Tom Dunleavy dari @dunleavy89 juga menyoroti bagaimana biaya komputasi terdesentralisasi sudah 10 kali lebih murah daripada penyedia terpusat.

Baca juga: Revolusi SPL20 di Solana: Era Baru Seni Digital yang Lebih Aman dan Permanen!

defin
Sumber: X

Namun, tantangan muncul seiring bertambahnya penetrasi infrastruktur online. Viktor DeFi memprediksi bahwa permintaan akan melampaui pasokan, menyoroti perlunya DePIN. Ini menciptakan peluang besar bagi DePIN untuk mengisi kekosongan tersebut, memastikan ketersediaan layanan yang efisien dan terjangkau.

Inovasi dan Pemimpin Pasar DePIN

DePIN berupaya mendesentralisasi infrastruktur dunia nyata dengan menggunakan insentif token. Ini mengubah cara tradisional dalam mengelola infrastruktur dengan memberdayakan peserta jaringan melalui insentif. Menariknya, apa yang dimulai dengan Filecoin dan Helium, kini telah berkembang menjadi narasi lebih dari $8 miliar, mencakup berbagai vertikal seperti penyimpanan, wireless, wifi, dan lainnya.

Sektor tenaga kerja saat ini memimpin dalam pendapatan on-chain DePIN, diikuti oleh Wireless dan Sensor. Ethereum dikenal sebagai rantai utama untuk proyek-proyek DePIN, tetapi Solana mulai mengambil posisi sebagai rantai utama untuk proyek-proyek ini. Pasar saat ini didominasi oleh pemimpin seperti Filecoin, Render Network, Theta Network, Arweave, dan Akash Network.

Baca juga: Kalahkan Dominasi Bitcoin, Tron (TRX) Jadi Pilihan Teroris Global!

Kasus Penggunaan dan Potensi Masa Depan

Penggunaan DePIN sangat beragam, dari wifi hingga penyimpanan hingga transportasi. Sebagai contoh, peta global jaringan Helium (IoT) yang diperbarui setiap 30 menit menunjukkan penggunaan yang luas. Viktor DeFi menekankan bahwa narasi DePIN mereplikasi pengalaman on-chain kita di dunia nyata melalui desentralisasi.

Dengan DePIN, orang bisa menggunakan wifi, layanan transportasi, penyimpanan, infrastruktur IoT, data, peta, dan sebagainya, sambil mendapatkan imbalan. Ini bukan hanya pertumbuhan narasi, tetapi juga tentang mendorong adopsi crypto secara massal. Tren ini menjanjikan transformasi besar dalam cara kita berinteraksi dengan teknologi dan infrastruktur sehari-hari.

DePIN bukan sekadar trend dalam dunia crypto, tetapi sebuah langkah maju dalam integrasi blockchain ke dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan potensi yang belum sepenuhnya tergali, masa depan DePIN terlihat cerah, membuka peluang baru dalam dunia crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.