Departemen Keuangan AS Serang Penggunaan ‘Crypto Mixer’ dalam Upaya Anti-Money Laundering!

Departemen Keuangan AS Serang Penggunaan ‘Crypto Mixer’ dalam Upaya Anti-Money Laundering!

Departemen Keuangan Amerika Serikat (AS) baru-baru ini mengumumkan proposal yang menargetkan platform crypto internasional, atau yang lebih dikenal sebagai “crypto mixers”. Proposal ini merupakan langkah maju yang signifikan dalam regulasi, dengan tujuan membentuk kontur sistem keuangan global di masa depan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Departemen Keuangan AS Menargetkan Crypto Mixers

Proposal baru ini memanfaatkan hukum yang biasanya digunakan terhadap bank dan yurisdiksi asing. Ini mengharuskan pencatatan dan pelaporan yang teliti untuk transaksi keuangan yang berhubungan dengan crypto mixers.

Crypto mixers” adalah platform yang memungkinkan pengguna untuk melakukan perdagangan cryptocurrency dengan anonimitas, yang menjadi saluran utama pencucian uang yang mengancam keamanan nasional.

Wally Adeyemo, Wakil Sekretaris Departemen Keuangan AS, mengatakan, “Tindakan hari ini menekankan komitmen Departemen Keuangan untuk memerangi eksploitasi pencampuran mata uang virtual yang dapat dikonversi oleh berbagai pelaku ilegal, termasuk aktor cyber yang berafiliasi dengan negara, cyberkriminal, dan kelompok teroris,” dikutip dari Cryptonews, Sabtu (21/10/2023).

Baca Juga: Gubernur Bank Sentral Portugal Serukan Regulasi Crypto Global

Regulasi Baru dan Masa Depan Crypto Mixers

regulasi crypto mixers
Sumber: Thomson Reuters

Regulasi baru yang diusulkan oleh Jaringan Penegakan Kejahatan Keuangan akan menjalani periode komentar publik selama 90 hari sebelum adopsi. Proposal ini memungkinkan entitas yang ditargetkan untuk melakukan tindakan perbaikan, yang berpotensi membebaskan mereka dari sanksi.

Meski crypto mixers hanya merupakan sebagian kecil dari pasar crypto, mereka bisa menjadi lahan subur untuk pencucian uang dan pendanaan terorisme. Namun, kasus-kasus sebelumnya telah melihat target memperbaiki praktik mereka dan menerapkan reformasi signifikan untuk mengurangi risiko pencucian uang.

Proposal ini menandai langkah penting dalam upaya Departemen Keuangan AS untuk memerangi penggunaan ilegal cryptocurrency. Dengan fokus pada crypto mixers, regulasi ini diharapkan dapat membantu membentuk masa depan sistem keuangan global dan melindungi keamanan nasional.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: