Dencun, Upgrade Ethereum yang Sangat Dinanti, Telah Hadir!

Dencun, Upgrade Ethereum yang Sangat Dinanti, Telah Hadir!

Setelah penantian panjang, akhirnya upgrade Ethereum yang paling ditunggu-tunggu, Dencun, telah resmi diluncurkan di mainnet Ethereum. Upgrade ini menjanjikan berbagai peningkatan signifikan, terutama dalam hal skalabilitas dan biaya transaksi yang lebih rendah. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Dencun: Sebuah Langkah Besar untuk Ethereum

Dencun merupakan hard fork yang paling dinanti sejak The Merge. Upgrade ini menggabungkan sembilan Ethereum Improvement Proposals (EIP) yang berbeda, termasuk EIP-4844 yang memperkenalkan mekanisme “proto-danksharding”. Dengan mekanisme ini, Ethereum dapat memproses data dari jaringan Layer 2 (L2) dengan lebih efisien, sehingga biaya gas untuk transaksi L2 akan jauh lebih rendah.

Dencun membawa sejumlah manfaat bagi pengguna Ethereum, terutama bagi mereka yang sering melakukan transaksi di jaringan L2. Biaya gas yang lebih rendah akan membuat transaksi di jaringan L2 menjadi lebih terjangkau, sehingga pengguna dapat menghemat biaya transaksi secara signifikan. Selain itu, peningkatan skalabilitas Ethereum juga akan membuat jaringan lebih cepat dan lancar, sehingga pengguna dapat menikmati pengalaman transaksi yang lebih baik.

Baca Juga: Upgrade Dencun Ethereum Semakin Dekat, Inilah Alasan Mengapa Hal ini Penting!

Masa Depan Ethereum setelah Dencun

Dengan hadirnya Dencun, Ethereum telah mengambil langkah besar dalam upayanya untuk menjadi platform blockchain yang lebih skalabel dan terjangkau. Ke depannya, Ethereum akan terus melakukan pengembangan dan peningkatan untuk semakin meningkatkan kinerja dan fungsionalitasnya.

Komunitas Ethereum saat ini sedang mendiskusikan tentang konten dari upgrade berikutnya, Electra + Prague (Petra), yang diharapkan akan membawa lebih banyak peningkatan bagi Ethereum.

Penutup

Dencun merupakan upgrade yang sangat penting bagi Ethereum dan diharapkan dapat membawa dampak positif yang signifikan bagi pengguna dan pengembang. Dengan biaya gas yang lebih rendah dan skalabilitas yang lebih baik, Ethereum akan menjadi platform yang lebih menarik bagi berbagai aplikasi dan proyek blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi