DEMAND Luncurkan Pool Penambangan Bitcoin Strata V2 Pertama di Dunia

DEMAND Luncurkan Pool Penambangan Bitcoin Strata V2 Pertama di Dunia

DEMAND, perusahaan penambangan Bitcoin, mengumumkan peluncuran mining pools Stratum V2 pertama di dunia. Mining pool ini dibangun di atas Stratum Reference Implementation (SRI) open-source yang bertujuan untuk memulai era baru dalam penambangan Bitcoin dalam peningkatan keamanan, fleksibilitas, dan kinerja.

Protokol Stratum V2 menandai kemajuan signifikan dari pendahulunya dengan menawarkan serangkaian peningkatan yang tidak hanya meningkatkan kemampuan penambangan tetapi juga mendorong lanskap penambangan yang lebih terdesentralisasi.

Alejandro de la Torre, salah satu pendiri dan CEO DEMAND, menyatakan, “Dengan Stratum V2 dan mining pool solo baru, kami bertujuan membuat penambangan rumahan lebih menarik, yang seharusnya membantu mendesentralisasi ekosistem penambangan Bitcoin dan meningkatkan kesehatan jaringan Bitcoin secara keseluruhan,”

Fitur Stratum V2

Fitur utama dari Stratum V2 adalah pemberdayaan penambang individu untuk membuat template blok mereka sendiri. Secara tradisional, operator mining pool memiliki kendali atas pemilihan transaksi, yang menimbulkan risiko sentralisasi dan rentan terhadap tekanan regulasi untuk sensor transaksi. Stratum V2 memberikan otonomi kepada pengguna mining pool untuk memilih transaksi inklusi blok, mendorong jaringan yang lebih terdesentralisasi dan tahan terhadap sensor.

“Karena penambangan Bitcoin sebagian besar dilakukan melalui mining pools, pemilihan transaksi menjadi relatif terpusat: hanya beberapa operator mining pools yang dapat memutuskan untuk berkolusi dan mencegah transaksi tertentu untuk dikonfirmasi,” ujar Filippo Merli, salah satu pendiri DEMAND dan pemimpin proyek SRI.

Lebih lanjut Filippo mengungkapkan, “Stratum V2 mengembalikan kekuatan pemilihan transaksi kepada penambang individu, untuk membuat ekosistem penambangan lebih terdesentralisasi dan Bitcoin lebih tahan terhadap sensor,”

Gunakan Proxy Translator

Stratum V2 dapat digunakan kemampuannya dengan cara menjalankan proxy translator SVPool menggunakan file konfigurasi pool bersama dengan klien deklarasi pekerjaan dan mengatur node Bitcoin Core untuk menerima transaksi melalui jaringan peer-to-peer Bitcoin. DEMAND berencana memberikan insentif kepada penambang untuk membuat template blok dengan mengurangi biaya bagi pengguna yang dapat mendorong partisipasi node penuh lebih besar dan memperkuat ekosistem Bitcoin.

Saat ini, DEMAND secara eksklusif melayani penambang solo, memberikan kesempatan untuk menemukan blok secara mandiri dan memastikan seluruh hadiah blok diberikan kepada penambang solo yang berhasil. Selain itu, DEMAND memfasilitasi penjualan kembali kekuatan hash di pasar, memastikan pengguna memaksimalkan penghasilan mereka baik dengan berpartisipasi dalam penambangan atau mengalihkan kekuatan hash ke penawar tertinggi.

Ke depan, DEMAND berencana memperluas layanannya untuk mencakup penambangan bersama, mendorong lingkungan kolaboratif di mana pengguna berbagi keuntungan di antara mereka sendiri.

Baca juga: Penurunan Biaya Transaksi Bitcoin: Sinyal Positif bagi Para Penambang!

Referensi: