Demam Inscription Membawa 9 Rantai EVM Mencetak Rekor Transaksi Tahunan

Demam Inscription Membawa 9 Rantai EVM Mencetak Rekor Transaksi Tahunan

Fenomena terbaru di dunia crypto telah mendorong sembilan rantai Ethereum Virtual Machine (EVM) mencapai rekor transaksi tahunan. Kegiatan menciptakan inskripsi di rantai selain Bitcoin telah menyebabkan lonjakan transaksi yang signifikan, menandai era baru dalam skalabilitas dan pemanfaatan teknologi blockchain.

Rekor Transaksi di Berbagai Rantai EVM

Analisis dari “hildobby,” seorang peneliti data di Dragonfly, menunjukkan bahwa beberapa jaringan blockchain seperti Arbitrum dan BNB Chain telah mencapai puncak transaksi harian. Di bulan Desember, rantai seperti Goerli, zkSync, Arbitrum, Gnosis, dan BNB Chain mencatat rekor transaksi per detik (TPS) harian yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Baca Juga: Waspada! FDIC Tertibkan Klaim Asuransi Deposito Palsu di Industri Crypto

Selain itu, rantai lain seperti Fantom, Celo, Avalanche, dan Polygon juga mencatat rekor TPS harian baru di bulan November. Optimism mencapai rekor TPS per jam sebesar 87.960 pada tanggal 19 Desember, sementara Avalanche mencatat rekor TPS per jam sebesar 289.285 pada tanggal 18 Desember.

Implikasi dari Tren Inscription

eos evm
Sumber: DappRadar

Tren inskripsi ini tidak hanya meningkatkan jumlah transaksi, tetapi juga biaya gas yang dikeluarkan untuk mencetak inskripsi baru mencapai rekor tertinggi. Seperti Ordinals Bitcoin, pengguna menemukan bahwa mereka dapat membuat inskripsi menggunakan data panggilan transaksi di rantai EVM.

Hal ini memungkinkan mereka untuk mencetak berbagai hal, mulai dari meme coin hingga gambar profil media sosial, yang meningkatkan permintaan akan ruang blok. Pada tanggal 19 Desember, Kevin Sekniqi, salah satu pendiri Ava Labs, mencatat bahwa Avalanche C-Chain mencapai 977 TPS “dan banyak rantai EVM lainnya hancur.”

Dia menambahkan bahwa inskripsi telah menjadi “tes stres yang bagus” untuk infrastruktur yang ada, menekankan perlunya subnets untuk menangani beban tambahan.

Outages Jaringan Akibat Inscription

Tidak hanya mencetak rekor, tetapi demam inskripsi juga menyebabkan gangguan penuh dan sebagian pada beberapa jaringan. Arbitrum, zkSync, Cronos, dan Celestia adalah beberapa contoh yang mengalami gangguan karena lonjakan aktivitas ini.

Ini menunjukkan bahwa sementara tren ini membawa banyak transaksi, juga memberikan tantangan tersendiri bagi infrastruktur jaringan yang ada. Kegiatan ini telah menjadi pelajaran berharga dalam hal rekayasa dan skalabilitas jaringan.

Para pengembang dan operator jaringan sekarang lebih sadar akan pentingnya memiliki sistem yang dapat menyesuaikan diri dengan lonjakan permintaan yang tiba-tiba.

Paragraf Penutup

Demam inskripsi telah membuktikan dirinya sebagai fenomena yang menguntungkan dan menantang bagi ekosistem crypto. Dengan mencapai rekor transaksi baru dan menguji batas-batas teknologi blockchain, komunitas sekarang memiliki pandangan yang lebih jelas tentang apa yang diperlukan untuk skala dan stabilitas di masa depan.

Baca Juga: Crypto Bubbles: Rahasia Menghindari Kerugian Finansial

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi