Demam Inscription Membawa 9 Rantai EVM Mencetak Rekor Transaksi Tahunan

Demam Inscription Membawa 9 Rantai EVM Mencetak Rekor Transaksi Tahunan

Fenomena terbaru di dunia crypto telah memicu lonjakan transaksi di berbagai blockchain. Kegiatan minting inscription pada rantai EVM telah mendorong sembilan jaringan blockchain mencapai rekor tertinggi dalam jumlah transaksi tahunan, menandakan era baru dalam skalabilitas dan performa jaringan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Rekor Transaksi Harian yang Mengejutkan

catatan tps harian
Catatan TPS harian per rantai. Sumber: X

Menurut analisis terbaru, kegilaan inscription telah mengantarkan beberapa jaringan blockchain mencapai puncak transaksi harian. Data yang dikumpulkan oleh analis “hildobby” dari Dragonfly menunjukkan bahwa rantai seperti Arbitrum dan BNB Chain telah mencatat rekor transaksi per detik (TPS) pada bulan Desember.

Selain itu, rantai lain seperti Fantom, Celo, Avalanche, dan Polygon juga mencatat rekor TPS harian pada bulan November. Hal ini menunjukkan bahwa permintaan akan ruang blok telah meningkat secara signifikan, seiring dengan tren baru minting inscription yang menggunakan data transaksi pada rantai EVM.

Baca Juga: BRC-69: Standar Baru Bitcoin yang Bisa Potong Biaya Inscription hingga 90%!

Gas Fee yang Melonjak Tinggi

Tidak hanya jumlah transaksi yang meningkat, biaya gas untuk proses minting inscription juga mencapai angka tertinggi baru. Pada puncak kegilaan ini, biaya gas harian untuk inscriptions di jaringan EVM mencapai angka yang mengejutkan, yaitu $8 juta.

Kenaikan biaya gas ini menunjukkan betapa besarnya minat dan aktivitas yang terjadi di dalam ekosistem crypto. Ini juga menandakan pentingnya pengembangan infrastruktur yang dapat menangani lonjakan permintaan dan transaksi di masa depan.

Baca Juga: Apakah Bitcoin Akan Terbebas dari ‘Serangan’ Ordinal Inscriptions?

Stres Test Infrastruktur Blockchain

stres test blockchain
Sumber: Akun X Kevin Sekniqi

Kegiatan minting inscription tidak hanya membawa rekor transaksi, tetapi juga berfungsi sebagai stres test bagi infrastruktur blockchain yang ada. Kevin Sekniqi, salah satu pendiri Ava Labs, mencatat bahwa rantai C-Chain Avalanche mencapai 977 TPS, dan banyak rantai EVM lainnya mengalami kesulitan.

Hal ini menekankan pentingnya pengembangan subnets dan solusi skalabilitas lainnya untuk menangani beban tambahan. Insiden ini juga menjadi pelajaran berharga bagi para insinyur dan pengembang dalam mempersiapkan jaringan mereka untuk pertumbuhan yang berkelanjutan.

Dengan semakin banyaknya transaksi yang terjadi di berbagai jaringan blockchain, fenomena inscription ini tidak hanya menunjukkan potensi besar dari teknologi crypto, tetapi juga menjadi bukti nyata dari kebutuhan akan skalabilitas dan infrastruktur yang lebih kuat. Ini adalah masa depan yang menjanjikan bagi dunia crypto, di mana inovasi terus mendorong batas-batas kemungkinan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: