Degen Chain L3 Memimpin Grafik TPS di Ekosistem Ethereum

Degen Chain L3 Memimpin Grafik TPS di Ekosistem Ethereum

Jakarta, Pintu News – Degen Chain, jaringan layer-3 Ethereum yang baru, telah mencatat jumlah transaksi per detik (TPS) tertinggi di ekosistem Ethereum dalam 24 jam terakhir, menandakan kemajuan signifikan dalam skalabilitas blockchain. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Peningkatan TPS dan Posisi Pasar

Dalam 24 jam terakhir, Degen Chain mencatat peningkatan TPS sebesar 62%, mencapai 35,7 TPS—mengungguli Base, blockchain tempat Degen dibangun, yang memiliki 29,7 TPS. Ini menempatkan Degen Chain di puncak daftar TPS di ekosistem Ethereum, bersaing ketat dengan platform lain seperti Arbitrum One, Ethereum, dan zkSync Era.

Peningkatan dramatis ini tidak hanya mengesankan dalam konteks TPS, tetapi juga menggambarkan cepatnya adaptasi dan efisiensi teknologi yang diimplementasikan oleh Degen Chain. Ini menunjukkan potensi jaringan untuk mendukung aplikasi yang memerlukan volume transaksi tinggi dan responsivitas cepat.

Baca Juga: Ledakan Meme Coin di Degen Chain: Fenomena Baru yang Mengguncang Dunia Crypto!

Dampak Ekonomi dan Volume Perdagangan

dampak ekonomi dan volume perdagangan
Sumber: Akun X Ian DAOs

Meskipun Degen Chain mencatat rekor TPS, volume perdagangannya masih relatif rendah, dengan total hanya $819,600 dalam 24 jam terakhir, menempatkannya di posisi ke-35 dari 44 blockchain yang dilacak oleh CoinGecko. Nilai transaksi rata-rata yang rendah, hanya $0,27, menunjukkan bahwa meskipun blockchain ini mampu memproses transaksi dengan cepat, nilai ekonomi yang dihasilkan per transaksi masih kecil.

Perbandingan ini dengan Ethereum dan Base, yang masing-masing memiliki nilai transaksi rata-rata $1,867 dan $170, menggarisbawahi perbedaan dalam jenis transaksi yang diproses di masing-masing jaringan. Ini juga menimbulkan pertanyaan tentang aplikasi praktis dari kecepatan transaksi yang tinggi jika tidak dibarengi dengan peningkatan dalam nilai transaksi yang signifikan.

Baca Juga: Inovasi Baru dalam Dunia Film, Lelang NFT dari Film ‘Shadow Brother Sunday’!

Tantangan dan Potensi untuk Masa Depan

Sementara TPS tinggi adalah indikator kinerja teknis yang baik, beberapa pemimpin industri berargumen bahwa mengukur kinerja blockchain semata-mata berdasarkan TPS adalah pendekatan yang keliru, karena tidak memperhitungkan ukuran komputasi dari setiap transaksi. Pendekatan lebih holistik dalam menilai kinerja blockchain mungkin diperlukan untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap tentang efisiensi dan efektivitasnya.

Namun, kemampuan Degen Chain untuk memproses transaksi dengan biaya sangat rendah dan target spesifik aplikasinya membuatnya menjadi pilihan yang menarik untuk pengembangan aplikasi tertentu di masa depan. Dengan nilai total $4,1 juta yang terkunci di Degen Chain dan kapitalisasi pasar token DEGEN yang mencapai $326 juta, ada ruang yang signifikan untuk pertumbuhan dan evolusi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: