Insiden DeFi Venus: Kebocoran Dana Ratusan Ribu Dolar Terungkap!

Insiden DeFi Venus: Kebocoran Dana Ratusan Ribu Dolar Terungkap!

Dunia DeFi kembali diguncang dengan insiden yang terjadi pada protokol Venus, di mana sebuah kesalahan pada sistem oracle menyebabkan kerugian sekitar $270.000. Meskipun pihak Venus berusaha meredam situasi dengan menegaskan bahwa ini bukanlah sebuah eksploitasi, namun kejadian ini telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan pengguna. Protokol yang berbasis di Binance Smart Chain ini berjanji akan mengganti dana yang hilang dari kas mereka sendiri. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kesalahan Oracle Memicu Kekacauan

kesalahan oracle binance
Sumber: Akun X @Bradherenow

Pada tanggal 11 Desember, sebuah insiden terjadi di mana salah satu oracle harga Venus memberikan informasi yang salah, mengakibatkan peminjaman dana mencapai sekitar $270.000.

Seorang pengguna X (sebelumnya Twitter) yang dikenal sebagai SaulCapital, pertama kali mengungkapkan bahwa terdapat eksploitasi pada “isolated pool” Venus Protocol yang berkaitan dengan BNB yang telah dilikuidasi.

Namun, seorang duta besar Venus, NoOneVII, mengklarifikasi bahwa masalah yang terjadi hanyalah terkait dengan masalah harga oracle pada pasar terisolasi, dan menegaskan bahwa tidak ada masalah keamanan pada inti protokol atau pasar lainnya. Protokol Venus kemudian mengumumkan bahwa mereka akan segera mengeluarkan rincian lebih lanjut, menenangkan para pengguna dengan menyatakan bahwa masalah pada umpan harga $snBNB telah kembali normal dan bahwa dana pengguna aman.

Mereka juga menambahkan bahwa komunitas Venus akan mengajukan proposal untuk segera menyuntikkan likuiditas dari kas ke kolam yang terpengaruh dengan total sekitar $274.000, sambil menunggu pemulihan dana dari kolam tersebut dengan dukungan mitra.

Baca Juga: XRP Ledger dan Credefi Finance Berkolaborasi untuk Mengubah Wajah DeFi

DeFi di Ambang Penyelamatan Kedua

venus defi
Sumber: Akun X Venus Protocol

Kejadian ini menambah daftar panjang insiden yang menimpa pasar pinjaman DeFi, yang telah mengalami tekanan berat dalam beberapa waktu terakhir. Venus sendiri baru-baru ini harus melikuidasi $30 juta, menunjukkan bahwa bahkan platform DeFi yang mapan pun tidak kebal dari masalah.

Meskipun nilai total yang terkunci (TVL) dalam protokol Venus, yang diluncurkan pada tahun 2020, tampaknya tidak terpengaruh oleh insiden tersebut dan berada di angka $738 juta menurut DefiLlama, token asli platform, Venus (XVS), mengalami penurunan sebesar 17,5% dalam 24 jam terakhir menjadi $9,56, meskipun penurunan ini juga sejalan dengan penjualan besar-besaran yang terjadi di pasar crypto secara umum.

Insiden yang terjadi pada protokol Venus ini menjadi pengingat bagi para pengguna crypto tentang pentingnya keamanan dan transparansi dalam ekosistem DeFi. Meskipun protokol tersebut telah berjanji untuk menanggulangi kerugian, kepercayaan pengguna mungkin telah terguncang. Ke depannya, protokol DeFi perlu lebih waspada dan memastikan bahwa sistem mereka tahan terhadap berbagai kerentanan untuk menjaga kepercayaan dan dana pengguna.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: