Nilai Total Terkunci (TVL) di DeFi Melonjak ke $52 Miliar: Kebangkitan Pasca-Kolaps FTX!

author:

Nilai Total Terkunci (TVL) di DeFi Melonjak ke $52 Miliar: Kebangkitan Pasca-Kolaps FTX!

Dunia keuangan terdesentralisasi (DeFi) baru-baru ini menyaksikan lonjakan signifikan dalam nilai total terkunci (TVL), mencapai puncak tahunan baru $52 miliar. Peningkatan ini menandai pemulihan yang mengesankan dari dampak kolaps FTX pada November 2022, menunjukkan ketahanan dan pertumbuhan sektor DeFi meskipun menghadapi masa-masa sulit.

Peningkatan TVL di DeFi

Sejak awal tahun 2023, TVL di DeFi telah meningkat dari sekitar $38 miliar menjadi $52 miliar, sebuah lonjakan 36% dalam nilai dolar. Peningkatan ini sebagian besar disebabkan oleh pemulihan pasar dan peningkatan harga mata uang crypto utama seperti Bitcoin dan Ether.

tvl defi 2023

Selain itu, peningkatan ini juga didorong oleh peningkatan dan peningkatan spesifik dalam protokol DeFi tertentu.

Baca juga: Bitcoin Menuju $50.000 Sebelum Koreksi Besar 40%: Analis Top Beri Peringatan!

Peran MakerDAO dan Protokol Lainnya

MakerDAO, salah satu protokol DeFi terkemuka, telah memainkan peran penting dalam pertumbuhan ini dengan mengintegrasikan hampir $2,5 miliar dalam kolateral aset dunia nyata (RWA), terutama dalam bentuk surat utang pemerintah AS, untuk mendukung stablecoin Dai.

Selain itu, protokol staking likuid seperti Lido Finance juga mendapatkan traksi, memungkinkan pengguna untuk mendapatkan imbalan tanpa mengunci Ether mereka dengan validator.

Dampak Jangka Panjang pada Sektor DeFi

regulasi defi iosco
Sumber: Decrypt

Peningkatan TVL di DeFi menandakan kepercayaan yang tumbuh dari investor dan pengguna dalam sektor ini. Meskipun TVL bukanlah ukuran yang kebal dari volatilitas harga aset, tren positif ini menunjukkan bahwa DeFi terus berkembang dan menarik modal baru.

Dengan peningkatan seperti integrasi RWA dan protokol staking likuid, DeFi tampaknya siap untuk pertumbuhan lebih lanjut di masa depan.

Secara keseluruhan, peningkatan nilai terkunci di DeFi menjadi bukti ketahanan dan potensi pertumbuhan sektor ini. Dengan inovasi dan peningkatan berkelanjutan, DeFi terus menunjukkan bahwa ia memiliki peran penting dalam ekosistem keuangan digital global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: