DeFi Hadapi Pasar Bull: Kejutan dengan RWAs dan ‘Recursive Airdrops’

DeFi Hadapi Pasar Bull: Kejutan dengan RWAs dan ‘Recursive Airdrops’

Jakarta, Pintu News – Pasaran kripto telah mengalami tahun yang sibuk dengan beberapa perkembangan penting, termasuk peluncuran produk keuangan baru dan peningkatan dalam teknologi blockchain. Salah satu area yang menarik perhatian khusus adalah keuangan terdesentralisasi (DeFi), yang telah menunjukkan beberapa kejutan dan inovasi yang tidak terduga. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Tokenisasi Aset Nyata dan Kedatangan RWAs

DeFi telah melampaui ekspektasi dengan perkembangan signifikan dalam tokenisasi aset nyata (RWAs). Kevin de Patoul dari Keyrock menunjukkan bahwa Treasury AS yang ditokenisasi dan aset nyata lainnya menjadi tren penting yang terus berkembang. Contoh terbaru yang menonjol adalah Dana Likuiditas Digital Institusional USD BlackRock (BUIDL), yang menawarkan nilai stabil $1 per token sambil membayar dividen yang terakumulasi setiap bulan.

Proyek seperti PV01, yang baru saja menerbitkan obligasi digital asli pada awal April, juga menandai langkah awal menuju transformasi yang lebih besar di mana setiap aset akhirnya menjadi digital. Namun, perubahan ini diharapkan memakan waktu yang lama untuk sepenuhnya direalisasikan.

Baca Juga: Top 5 Yield Aggregator Token 2024: Investasi Menguntungkan di Dunia DeFi

‘Recursive Airdrops’ dan Peningkatan DeFi

recursive airdrop
Lebih dari $1 miliar di US Treasury telah ditokenisasi. Sumber: Dune Analytics

Salah satu konsep baru yang muncul di pasar adalah ‘recursive airdrops’. Eduard Jubany Tur dari ZKX menyatakan bahwa pendekatan ini melibatkan penggunaan berbagai platform yang masing-masing dapat memberikan poin atau kelayakan potensial untuk airdrops dari platform pihak ketiga. Ini menciptakan model insentif yang memungkinkan partisipasi dan interaksi pengguna yang lebih besar dengan berbagai protokol.

Namun, kejelasan aturan kualifikasi airdrop sering kali tidak jelas atau tidak diumumkan sebelumnya, yang membuat para pemburu airdrop harus menebak-nebak yang terdidik.

Baca Juga: Eropa Bersiap Mengguncang Dunia DeFi: Apa yang Perlu Kamu Ketahui!

Integrasi Dunia Nyata dan Crypto

Selain RWAs, DeFi juga mengalami konvergensi yang semakin besar dengan dunia keuangan tradisional. Danny Chong dari Tranchess menyoroti bagaimana ETF Bitcoin spot merupakan contoh lain dari konvergensi ini, tetapi tentunya bukan yang terakhir.

Keuangan tradisional dan crypto menjadi semakin terintegrasi, menciptakan potensi untuk inovasi lebih lanjut dan adopsi yang lebih luas dari teknologi blockchain dan crypto.

Kesimpulan

Pasar DeFi yang berkembang cepat dan inovatif terus mengejutkan pasar dengan cara-cara baru aset dikelola dan diperdagangkan. Dari tokenisasi aset nyata hingga airdrops berulang, DeFi tidak hanya menggambarkan masa depan keuangan yang terdesentralisasi tetapi juga menunjukkan bagaimana crypto dapat berintegrasi ke dalam struktur keuangan yang lebih luas.

Meskipun masih banyak tantangan yang akan dihadapi, momentum yang ada menunjukkan bahwa DeFi dapat memainkan peran kunci dalam mengubah lanskap keuangan global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi