DeFi Menggebrak Rekor: TVL Melonjak 170% dalam Seminggu, Ethereum Terus Mendominasi!

DeFi Menggebrak Rekor: TVL Melonjak 170% dalam Seminggu, Ethereum Terus Mendominasi!

Dunia keuangan terdesentralisasi (DeFi) kembali menunjukkan geliatnya. Total nilai aset terkunci (TVL) dalam protokol DeFi telah melampaui $60 miliar, menandai kembalinya ke level yang terakhir terlihat pada Agustus 2022.

tvl eigenlayer
EigenLayer Total Value Locked (TVL). Source: DefiLlama

Menurut data dari DeFiLlama, sektor ini melonjak secara mengesankan sebesar 68% menjadi $60,72 miliar dari November 2023, ketika TVL berada di sekitar $36 miliar. Lintasan naik TVL menandakan kepercayaan investor yang kuat, dengan lebih banyak pengguna mempercayakan aset mereka untuk ikut serta dalam aktivitas keuangan terdesentralisasi.

Analis pasar mengaitkan pertumbuhan ini dengan lonjakan harga aset kripto baru-baru ini, yang didorong oleh desas-desus seputar Bitcoin exchange-traded funds (ETF). Reli ini, yang menarik minat investor ritel dan institusional, mendorong Bitcoin mendekati $50.000 dan Ethereum, jaringan blockchain DeFi terkemuka, di atas $2.000.

Ethereum Tetap Mendominasi

top defi blockchain
Top DeFi Blockchain. Sumber: DeFiLlama

Ethereum tetap menjadi kekuatan dominan dalam DeFi, mengklaim lebih dari 58% pangsa pasar di seluruh blockchain, dengan TVL sebesar $35,3 miliar. Blockchain Tron berada di urutan kedua, menguasai 13% pangsa pasar dengan TVL sebesar $8 miliar.

Di luar Ethereum dan Tron, jaringan blockchain lain seperti Solana, Binance Smart Chain, Polygon, dan Arbitrum juga memiliki pengaruh yang cukup besar, menjadi tuan rumah bagi banyak proyek dan membanggakan angka TVL yang substansial.

Sementara itu, munculnya blockchain Sui patut dicatat karena telah dengan cepat naik peringkat di ruang DeFi, mengamankan tempat di antara 10 teratas dalam TVL dan melampaui pesaing mapan seperti Cardano dan Bitcoin.

Baca Juga: Top 5 Yield Aggregator Token 2024: Investasi Menguntungkan di Dunia DeFi

Lido Menguasai Protokol

top 5 defi protocols
Sumber: DefiLlama

Lido Finance, protokol liquid staking terkemuka, menguasai pangsa pasar yang signifikan sebesar 37%, dengan TVL sebesar $22,58 miliar. Lido siap melampaui 10 juta ETH yang dipertaruhkan melalui platformnya, yang beroperasi di jaringan blockchain terkemuka seperti Ethereum, Solana, Moonbeam, dan Moonriver.

Lima protokol teratas lainnya termasuk entitas terkenal seperti penerbit stablecoin DAI Maker, platform pinjaman Aave dan Justlend, dan bursa terdesentralisasi Uniswap. Protokol-protokol ini secara kolektif memegang TVL sebesar $7,7 miliar, $6,98 miliar, $6,14 miliar, dan $4,21 miliar, masing-masing.

Baca Juga: Polygon Labs Usulkan Protokol DeFi sebagai Infrastruktur Kritis dalam Kerangka Regulasi Baru

Perdagangan Kembali Bangkit

Bersamaan dengan itu, bursa terdesentralisasi (DEX) telah mengalami lonjakan volume perdagangan harian, menyaksikan peningkatan 3,29% selama seminggu terakhir saja, memfasilitasi perdagangan senilai sekitar $22 miliar, menurut data DeFiLlama.

Selanjutnya, dasbor Dune Analytics yang dikuratori oleh rchen8 menunjukkan kebangkitan kembali basis pengguna sektor ini, dengan lebih dari 3 juta pengguna kembali ke level tertinggi sebelumnya. Selama dua bulan terakhir, ekosistem telah menyambut 3,6 juta alamat baru, mendorong jumlah total penggunanya mendekati 50 juta.

Kesimpulan

Ekosistem DeFi menunjukkan tanda-tanda pemulihan yang kuat, dengan TVL yang melonjak, dominasi Ethereum yang berkelanjutan, pengaruh berbagai jaringan blockchain, dan kebangkitan kembali aktivitas perdagangan dalam ruang DeFi. Investor semakin percaya diri untuk mempercayakan aset mereka ke dalam protokol DeFi, yang menawarkan berbagai peluang investasi dan layanan keuangan yang inovatif.

Ethereum mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar, sementara jaringan blockchain lainnya seperti Tron, Solana, dan Binance Smart Chain juga mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi