Prediksi DeFi 2024: Akankah Menjadi Salah Satu Tahun Terbaik?

Prediksi DeFi 2024: Akankah Menjadi Salah Satu Tahun Terbaik?

Dunia kripto menunjukkan tanda-tanda potensi bull run, dan DeFi (Decentralized Finance) menjadi salah satu sektor yang paling menarik perhatian. Dalam episode ke-50 podcast Hashing It Out, pembawa acara Elisha Owusu Akyaw berbincang dengan Sonali Giovino, kepala ekosistem global di De.Fi, untuk membahas masa depan DeFi.

Giovino memaparkan kekuatan DeFi, berbagai masalah yang terkait dengan sektor ini, dan bagaimana hal tersebut dapat memengaruhi adopsi massal dalam beberapa tahun mendatang. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Risiko Keamanan DeFi

3 koin defi crypto
Sumber: Warwick Business School

Giovino percaya bahwa keamanan selalu menjadi risiko terbesar dalam DeFi. Banyak kerentanan kontrak pintar telah menyebabkan kerugian besar selama bertahun-tahun. Dia menambahkan bahwa hingga saat ini, belum ada perhatian yang cukup terhadap masalah keamanan DeFi.

Namun, hal ini mulai berubah karena semakin banyak pengembang bekerja sama dengan auditor, semakin banyak perusahaan membangun alat keamanan untuk pengguna, dan semakin banyak acara yang berfokus pada keamanan DeFi.

Baca Juga: Prediksi Market DeFi: Bakal Meroket dan Bernilai $18,28 Miliar pada Tahun 2027!

Peraturan DeFi

Selain keamanan, regulasi juga menjadi tantangan besar bagi DeFi. Pemerintah di seluruh dunia masih mencoba memahami teknologi blockchain dan DeFi, dan belum ada kerangka peraturan yang jelas.

Hal ini menciptakan ketidakpastian bagi bisnis dan investor, dan dapat menghambat pertumbuhan DeFi. Giovino mengatakan bahwa industri DeFi perlu bekerja sama dengan regulator untuk mengembangkan kerangka peraturan yang mendukung inovasi dan melindungi investor.

Baca Juga: AI dan DeFi: Kombinasi Teknologi yang Mengubah Dunia Keuangan

Adopsi Massal DeFi

Terlepas dari risiko dan tantangan yang ada, Giovino yakin bahwa DeFi memiliki potensi untuk mencapai adopsi massal. Dia mengatakan bahwa DeFi dapat memberikan layanan keuangan yang lebih inklusif, transparan, dan efisien daripada sistem keuangan tradisional. Namun, untuk mencapai adopsi massal, DeFi perlu mengatasi tantangan keamanan, regulasi, dan pengalaman pengguna.

Kesimpulan

DeFi adalah sektor yang masih berkembang, dan masih banyak tantangan yang harus diatasi sebelum dapat mencapai adopsi massal. Namun, potensi DeFi sangat besar, dan jika tantangan-tantangan ini dapat diatasi, DeFi dapat mengubah cara kita berinteraksi dengan keuangan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi