DeChat Bagikan Tautan Penipuan ‘Honeypot’ Saat Pengumuman Token, Apa yang Terjadi?

DeChat Bagikan Tautan Penipuan ‘Honeypot’ Saat Pengumuman Token, Apa yang Terjadi?

Jakarta, Pintu News – Dalam perkembangan yang mengejutkan, Dechat, sebuah protokol komunikasi Web3 terdesentralisasi, baru-baru ini terlibat dalam sebuah insiden yang menggemparkan komunitas crypto. Kesalahan fatal terjadi ketika mereka secara tidak sengaja membagikan tautan honeypot scam dalam pengumuman peluncuran token mereka, menimbulkan kekhawatiran dan kerugian finansial bagi para pengguna. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Honeypot Scam: Jebakan Mematikan di Dunia Crypto

Kesalahan ini pertama kali diungkap oleh peneliti on-chain yang menggunakan nama samaran ZachXBT, yang menyoroti bahwa Dechat telah membagikan tautan ke kolam PancakeSwap honeypot dalam pengumuman resmi mereka. Honeypot scam adalah kontrak pintar jahat dengan perangkap tersembunyi yang bertujuan untuk menarik investasi pengguna sebelum mencuri dana tersebut.

Menyusul pengungkapan ini, Dechat segera menghapus postingan awal dan membagikan pengumuman baru dengan tautan PancakeSwap yang telah diperbaiki. Token utilitas baru mereka, DECHAT, diluncurkan untuk perdagangan pada tanggal yang sama dan telah terdaftar di beberapa bursa, termasuk KuCoin, Bybit, Gate.io, HTX, MEXC, dan PancakeSwap.

Baca Juga: Waspada, Proyek OrdiZK Lakukan Penipuan Rug Pull Senilai $1,4 Juta!

Kerugian Pengguna dan Tanggapan Dechat

honeypot dan dechat
Sumber: Akun X ZachXBT

Salah satu pengguna, yang menggunakan nama Varun4243, mengklaim telah kehilangan dana akibat tautan honeypot yang salah dari Dechat. Dia menuntut kompensasi atas kerugian yang dialaminya. Dechat, menyadari kesalahan mereka, berkomitmen untuk mengembalikan semua pembelian yang dilakukan oleh pengguna selama periode waktu tertentu.

Insiden ini menyoroti risiko yang terkait dengan honeypot scams, yang sering kali menyamar sebagai proyek yang sah untuk menarik investasi sebelum menjebak dana pengguna. Kontrak honeypot biasanya bertujuan untuk menarik dana pengguna yang tidak dapat dijual karena fungsi jual dalam kontrak dinonaktifkan.

Baca Juga: California Batasi Transaksi ATM Bitcoin Sebesar $1,000 per Hari untuk Memerangi Penipuan

Pelajaran Penting dan Langkah Keamanan

Insiden ini menekankan pentingnya praktik investasi yang hati-hati dan langkah-langkah keamanan yang ditingkatkan dalam industri crypto. Meskipun Dechat telah mengambil langkah untuk memperbaiki kesalahan dan mengembalikan dana kepada pengguna yang terpengaruh, insiden ini berfungsi sebagai pengingat keras tentang potensi risiko dan perangkap dalam dunia crypto yang sering kali tidak terduga.

Dalam dunia crypto yang penuh dengan inovasi dan peluang, insiden seperti ini mengingatkan kita tentang pentingnya kehati-hatian dan due diligence. Sebagai investor atau pengguna, kamu harus selalu waspada terhadap tawaran yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan dan melakukan penelitian menyeluruh sebelum terlibat dalam proyek atau kontrak pintar apa pun.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: