Terungkap! Mitos ETF Bitcoin yang Mengejutkan dan Fakta Sebenarnya

Terungkap! Mitos ETF Bitcoin yang Mengejutkan dan Fakta Sebenarnya

Apakah kamu pernah mendengar mitos yang beredar tentang ETF Bitcoin? Dari rumor yang menyesatkan hingga fakta yang terdistorsi, banyak informasi keliru yang beredar di kalangan investor. Artikel ini akan mengungkap kebenaran di balik mitos ETF Bitcoin yang paling mengejutkan dan memberikan pemahaman yang lebih jelas tentang produk investasi ini.

Mitos ETF Bitcoin: Fakta atau Fiksi?

Banyak investor yang khawatir bahwa ETF Bitcoin yang tidak mengikuti kinerja Bitcoin akan segera gulung tikar. Namun, kekhawatiran ini tidak berdasar karena ETF Bitcoin dirancang untuk memberikan eksposur langsung ke harga Bitcoin. ETF yang menggunakan model “Cash Creates” sebenarnya memegang Bitcoin nyata, bukan produk cadangan fraksional.

Baca Juga: Kejutan di Akhir Tahun 2023: Pendapatan Penambang Bitcoin Capai $1,5 Miliar!

Para ahli keuangan besar seperti WisdomTree dan BlackRock telah menerapkan model cash-create. Grayscale, yang sedang berusaha mendapatkan persetujuan dari SEC, juga telah memasukkan model ini dalam file amandemen terbaru mereka. Ini menunjukkan bahwa model cash-create diterima luas di industri dan bukanlah indikasi dari kinerja yang buruk.

James Seyffart: Pembelaan Terhadap ETF Bitcoin

keputusan etf bitcoin 2024
The image created by Ai

James Seyffart, analis dari Bloomberg, telah mengambil langkah untuk mengklarifikasi kesalahpahaman yang beredar. Melalui Twitter, ia menegaskan bahwa ETF Bitcoin spot akan memegang Bitcoin dan mengecam mereka yang menyebarkan informasi yang salah sebagai ‘tidak terinformasi’ dan ‘mudah tertipu’.

Seyffart juga menanggapi memo yang diduga dari Satoshi Nakamoto, yang menyerukan untuk mempertahankan integritas pemrograman Bitcoin asli. Meskipun ada kekhawatiran bahwa ETF Bitcoin dapat mengubah Bitcoin seperti yang kita kenal, Seyffart menegaskan bahwa ETF Bitcoin spot tidak akan mengubah esensi Bitcoin.

Model “Cash Creates” vs “In-Kind”: Apa Bedanya?

Model “in-kind” dan “Cash Creates” memiliki perbedaan mendasar dalam cara mereka beroperasi. Model “in-kind” melibatkan penukaran aset sejenis untuk pembuatan dan penebusan saham ETF, sedangkan model “Cash Creates” menggunakan uang tunai untuk proses yang sama.

SEC telah memberi tahu semua pelamar ETF Bitcoin spot bahwa prospektus akhir mereka harus fokus pada model “Cash Creates”. Langkah ini telah memicu diskusi luas dan persepsi negatif, namun adopsi model ini oleh perusahaan besar menunjukkan kepercayaan pada kestabilan dan keamanan model tersebut dalam industri ETF.

Paragraf Penutup

Dengan memahami fakta dan menepis mitos, kamu dapat membuat keputusan investasi yang lebih tepat. ETF Bitcoin, terutama yang menggunakan model “Cash Creates”, menawarkan cara yang transparan dan terpercaya untuk berinvestasi di Bitcoin. Jangan biarkan rumor dan spekulasi menghalangi kamu dari peluang investasi yang potensial ini.

Baca Juga: Artificial Intelligence Bisa Bawa Bitcoin Tembus $100K di 2024?! Ini Faktanya!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi