Eksekutif Ripple Picu Debat Kontroversial tentang XRP dan Pajak: Ini yang Harus Kamu Ketahui!

Eksekutif Ripple Picu Debat Kontroversial tentang XRP dan Pajak: Ini yang Harus Kamu Ketahui!

Perdebatan menarik telah meletus di antara tokoh-tokoh penting di dunia crypto tentang implikasi pajak penggunaan XRP untuk pembayaran lintas mata uang.

Diskusi ini berputar di sekitar penemuan jalur XRPL dan efek potensialnya pada peristiwa yang dapat dipajaki.

Pembahasan Tentang Implikasi Pajak XRP

Fredo Ayala, seorang konsultan akuntansi dan keuangan yang bersemangat tentang aset digital, memulai percakapan yang memicu pemikiran ini.

Baca Juga: Prediksi Harga Ripple (XRP) 2023: Harga Ripple Berpotensi Meroket 181%?!

Dia menegaskan bahwa jika penyelesaian XRP terjadi dalam satu buku besar tanpa fluktuasi harga, implikasi pajak hanya akan berlaku untuk pelanggan.

Namun, jika terjadi pergeseran harga selama proses penemuan jalur, peningkatan dan penurunan dalam peristiwa yang dapat dipajaki mungkin muncul.

Tanggapan dari Eksekutif Ripple

strategi ripple di asia dan eropa
Sumber: PYMNTS

Neil Hartner, seorang insinyur perangkat lunak senior di Ripple, mencari kejelasan tentang skenario spesifik yang melibatkan pembayaran lintas mata uang USD ke EUR, autobridged melalui USD ke XRP dan XRP ke EUR.

Ayala mengkonfirmasi bahwa transaksi semacam itu memang akan memicu peristiwa yang dapat dipajaki, tergantung pada keuntungan atau kerugian dibandingkan dengan dasar biaya pada saat pembelian.

Matt Hamilton, mantan direktur hubungan pengembang di Ripple, mencampuri dengan perbandingan menarik dengan proses perbankan tradisional.

Ayala menjelaskan bahwa bank, sebagai entitas hukum, sudah melaporkan keuntungan dan kerugian, sedangkan pertukaran terdesentralisasi di XRPL bukanlah entitas pelaporan.

Baca Juga: NFTrade Gandeng XRP Ledger Demi Pasar NFT Multi-Rantai dengan Perlindungan Royalti

Dengan demikian, tanggung jawab menangani masalah terkait pajak jatuh pada pihak yang memulai transaksi.

David Schwartz, CTO Ripple saat ini dan salah satu arsitek XRPL, menekankan bahwa kenaikan pajak atas keuntungan dan laba tetap independen dari siapa yang melaporkannya.

Dia berpendapat bahwa setiap keuntungan atau laba yang dihasilkan selama proses tersebut harus dianggap sebagai pendapatan kena pajak bagi pihak yang bertanggung jawab.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: