DCEP China: Mata Uang Digital Masa Depan yang Mengguncang Dunia

DCEP China: Mata Uang Digital Masa Depan yang Mengguncang Dunia

China, sebagai ekonomi terbesar kedua di dunia, kini memimpin dalam pengembangan mata uang digital nasional yang dikenal sebagai Digital Currency Electronic Payment (DCEP) atau e-Yuan.

Dengan tujuan untuk menggantikan sebagian uang tunai yang beredar, DCEP menjanjikan revolusi dalam sistem pembayaran dan kebijakan moneter.

DCEP: Bukan Cryptocurrency, Tapi Lebih dari Itu

DCEP China
Reuters

DCEP adalah mata uang digital yang terpusat berdasarkan teknologi blockchain. Berbeda dengan cryptocurrency tradisional seperti Bitcoin atau Ethereum, DCEP adalah perpanjangan dari Yuan China.

Tujuannya bukan untuk menggantikan mata uang legal yang ada, tetapi untuk memanfaatkan fitur blockchain seperti traceability dan “smart contract” untuk mengurangi biaya transaksi bank, mengatasi pencucian uang, dan meningkatkan pelacakan keuangan.

Baca Juga: Inovatif! Bank China Uji Coba Sistem Pembayaran Offline CBDC yang Terhubung ke SIM Card

Dengan mata uang digital ini, China berharap Yuan-nya dapat memiliki kehadiran yang lebih besar di panggung internasional.

Bagaimana DCEP Dikembangkan dan Diterapkan

Distribusi DCEP akan dilakukan melalui sistem dua tingkat. PBOC akan mendistribusikan e-Yuan ke bank komersial, yang kemudian bertanggung jawab untuk mendistribusikannya ke konsumen.

China telah melakukan uji coba di beberapa kota besar seperti Shenzhen, Chengdu, dan Suzhou.

Dalam uji coba ini, pemerintah setempat mendistribusikan sejumlah uang melalui lotere, di mana masyarakat dapat menggunakan aplikasi khusus untuk menerima dan menghabiskan e-Yuan.

Implikasi dan Masa Depan DCEP

Dengan DCEP, PBOC berharap untuk meningkatkan efisiensi pembayaran dan transmisi kebijakan moneter.

Selain itu, dengan sistem “anonimitas yang dapat dikontrol”, PBOC dapat memantau transaksi untuk mencegah aktivitas ilegal.

DCEP juga dapat meningkatkan persaingan di ruang pembayaran digital, yang saat ini didominasi oleh Alipay dan WeChat Pay.

Dengan mengurangi biaya bagi pedagang dan menawarkan fitur tambahan, DCEP berpotensi mengubah lanskap pembayaran di China dan mungkin di seluruh dunia.

DCEP menandai langkah besar bagi China dalam memodernisasi sistem moneter dan keuangan-nya.

Baca Juga: Bank Central China: “Transaksi Uang Digital China Capai 100 Miliar Yuan!”

Meskipun masih dalam tahap awal, mata uang digital ini memiliki potensi untuk mengubah cara kita bertransaksi dan berinteraksi dengan uang.

Dengan negara-negara lain seperti Jepang dan Uni Eropa yang mungkin mengikuti jejak China, kita mungkin melihat era baru dalam keuangan digital di cakrawala.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: