DBS Bank Luncurkan Solusi Pembayaran CBDC China, Yuan Digital

author:

DBS Bank Luncurkan Solusi Pembayaran CBDC China, Yuan Digital

DBS Bank, bank yang dikenal ramah terhadap crypto, baru-baru ini meluncurkan solusi pembayaran Yuan digital untuk klien korporatnya. Langkah ini menandai transaksi pertama bank dengan Yuan digital dan membuka peluang baru dalam penyelesaian transaksi yang lebih efisien dan otomatis.

DBS Bank Meluncurkan Solusi Pembayaran Yuan Digital

Mata uang digital China
Asiatimes.com

Pada tanggal 5 Juli 2023 kemarin, DBS Bank China membuat pengumuman resmi tentang peluncuran solusi pedagang e-CNY. Solusi ini dirancang untuk memfasilitasi bisnis di daratan China untuk menerima pembayaran dalam bentuk Yuan digital, yang juga dikenal sebagai mata uang digital bank sentral (CBDC).

Baca juga: Kota Jinan di China Kini Menerima Pembayaran CBDC di Seluruh Rute Busnya!

Dengan solusi ini, klien DBS di daratan China dapat menerima atau mengumpulkan e-CNY dan menyelesaikannya secara otomatis ke dalam akun deposit bank CNY mereka. DBS menyebut layanan ini sebagai “solusi pengumpulan pedagang” daripada solusi pembayaran, karena pedagang “mengumpulkan” jumlah akhir dalam CNY di akun deposit bank mereka.

Solusi ini menandai langkah penting dalam adopsi dan integrasi yuan digital dalam sistem pembayaran. DBS Bank, sebagai salah satu bank terkemuka di Asia, telah menunjukkan komitmennya untuk berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi keuangan.

Peluncuran solusi ini juga menunjukkan bagaimana teknologi keuangan dapat digunakan untuk memperbaiki efisiensi dan kemudahan transaksi. Dengan memungkinkan penyelesaian otomatis e-CNY ke dalam akun deposit bank, DBS Bank dapat membantu bisnis mengurangi waktu dan upaya yang biasanya diperlukan untuk proses penyelesaian manual.

Manfaat dan Implementasi Solusi Pembayaran Yuan Digital

Solusi pembayaran yuan digital DBS dirancang untuk memberikan sejumlah manfaat, salah satunya adalah memungkinkan bisnis mengumpulkan CBDC “tanpa harus melalui proses penyelesaian manual,” menurut pengumuman tersebut.

Alat ini juga menampilkan kemampuan e-CNY yang memungkinkan pengguna menerima pembayaran di wilayah yang kurang dilayani dengan konektivitas internet terbatas. Selain itu, solusi ini menyediakan rekonsiliasi melalui laporan pedagang konsolidasi dengan transaksi e-CNY yang diuraikan tersedia melalui platform bisnis digital DBS.

Baca juga: Bank Sentral Dunia Uji Coba Proyek Mariana, Perjalanan Teknologi DeFi untuk CBDC

DBS Bank dan Komitmen Terhadap Inovasi Keuangan

CEO DBS Bank China, Ginger Cheng, mengatakan bahwa perusahaan telah menyelesaikan transaksi e-CNY pertama yang melibatkan perusahaan katering di Shenzhen. Dia mengatakan,

“Dengan mengintegrasikan metode pengumpulan dan penyelesaian CBDC ke dalam sistem pembayaran klien kami yang ada, ini akan membantu posisi bisnis mereka untuk masa depan digital di mana konsumen di China menggunakan e-CNY untuk aktivitas sehari-hari mereka.”

Dia menambahkan bahwa pengembangan tersebut menunjukkan komitmen perusahaan untuk meningkatkan pengalaman pengguna sambil “secara aktif mendukung pengembangan inovasi pasar keuangan China.”

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi: