CEO Lightspark: Membangun Sesuatu di Atas Lightning Network Bitcoin? Lebih Sulit dari yang Kamu Bayangkan!

CEO Lightspark: Membangun Sesuatu di Atas Lightning Network Bitcoin? Lebih Sulit dari yang Kamu Bayangkan!

David Marcus, CEO Lightspark, sebuah perusahaan yang membangun solusi bisnis untuk memfasilitasi pembayaran di atas Lightning Network, baru-baru ini berbagi pengalamannya dalam mengembangkan perangkat lunak di atas lapisan skalabilitas Bitcoin.

Marcus menyatakan bahwa membangun perangkat lunak di sekitar protokol ini ‘sangat kompleks dan sulit’, mengakui kendala yang disajikan oleh Lightning Network bagi para pengembang.

David Marcus Mengakui Kendala Lightning Network untuk Pengembang

David Marcus, CEO Lightspark, perusahaan yang membangun solusi pembayaran di atas Lightning Network, platform skalabilitas lapis kedua untuk Bitcoin, telah memberikan pendapatnya tentang tantangan yang disajikan oleh protokol ini bagi perusahaan.

Baca Juga: DeSantis Janji Hentikan ‘Perang Terhadap Bitcoin dan Crypto’ Jika Terpilih Jadi Presiden!

Marcus, seorang veteran di arena pembayaran yang pernah menjadi presiden Paypal, kepala Novi di Meta, dan bagian dari Dewan Anggota Diem, mengatakan Lightspark memutuskan untuk membangun di sekitar protokol lapis-2 ini karena ‘kualitas unik’ yang disajikan oleh Bitcoin sebagai jaringan dasar.

Namun, dia menyatakan: ‘Membangun di atas Lightning dan Bitcoin kemungkinan setidaknya 5x lebih sulit daripada membangun dengan protokol lain. Sangat kompleks dan sulit untuk membangun perangkat lunak di sekitar protokol ini.'”

Kekakuan dan Kesulitan

volume bitcoin rendah

Marcus mengatribusikan sebagian dari kesulitan ini pada kekakuan Bitcoin dan masalah mengubah strukturnya untuk memasukkan kode baru di lapisan dasarnya, untuk mengakomodasi kebutuhan solusi khusus.

Mengenai hal ini, dia menyatakan: ‘Lapisan 1 Bitcoin sangat kaku. Mendapatkan opcode baru ke mainnet hampir mustahil. Kendala adalah apa adanya.’

Namun, alih-alih menganggap kesulitan ini sebagai masalah dan meninggalkan protokol untuk menggunakan rantai lain yang kurang rumit, Lightspark mengambilnya sebagai tantangan untuk membangun solusi pembayaran yang akan relevan ‘100 tahun dari sekarang.’

Baca Juga: CEO Lightspark David Marcus: “Membangun di Jaringan Lightning Bitcoin Sangat Rumit!”

Marcus menyimpulkan: ‘Kami berkomitmen kembali untuk membangun di atas Bitcoin Lightning, dan melakukan apa pun yang diperlukan untuk mewujudkan potensinya sepenuhnya. Karena sudah waktunya bagi dunia untuk memiliki protokol pembayaran terbuka universal.'”

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: