David Marcus: Misi Mengubah Bitcoin Menjadi Jaringan Pembayaran Global!

David Marcus: Misi Mengubah Bitcoin Menjadi Jaringan Pembayaran Global!

David Marcus, mantan Presiden PayPal dan sekarang CEO Lightspark, melihat potensi besar dalam Bitcoin yang melampaui sekadar menjadi penyimpan nilai.

Dengan teknologi Lightning Network, dia berencana untuk mengubah cara dunia bertransaksi.

Bitcoin: Dari Penyimpan Nilai ke Jaringan Pembayaran

Selama wawancara di CNBC’s Squawk Box, Marcus menekankan evolusi Bitcoin dari mata uang digital yang kurang dikenal menjadi aset yang diakui sebagai penyimpan nilai dan lindung nilai terhadap inflasi.

Namun, Marcus percaya bahwa Bitcoin memiliki potensi yang jauh lebih besar, yaitu menjadi jaringan pembayaran global yang mirip dengan PayPal tetapi beroperasi di jaringan Bitcoin yang terdesentralisasi.

Baca Juga: Inflasi AS dan Dampaknya pada Harga Bitcoin: Apa yang Harus Diketahui Investor?

Dia melihat kebutuhan untuk Bitcoin berevolusi lebih lanjut, menawarkan transaksi yang lebih cepat, lebih murah, dan lebih efisien, sehingga dapat diakses oleh audiens yang lebih luas.

Lightspark dan Misi Lightning Network

Lightspark
CNBC

Lightspark, perusahaan yang dipimpin oleh Marcus, berfokus pada infrastruktur Lightning Network, sebuah lapisan yang dibangun di atas Bitcoin yang menggunakan saluran mikropembayaran untuk meningkatkan skalabilitas dan efisiensi biaya.

Teknologi ini bertujuan untuk mengatasi masalah umum Bitcoin dengan memperkenalkan metode untuk transaksi off-chain, memungkinkan bisnis mengirim dan menerima pembayaran dalam hitungan detik.

Marcus berkomitmen untuk memaksimalkan potensi Lightning Network, dengan visi untuk menciptakan “protokol pembayaran terbuka universal” bagi dunia.

Tantangan di Jalan Menuju Visi

Meskipun potensinya besar, mengubah Bitcoin menjadi jaringan pembayaran global bukanlah tugas yang mudah. Masalah skalabilitas Bitcoin telah menjadi kekhawatiran utama selama bertahun-tahun.

Namun, perkembangan teknologi blockchain, seperti Lightning Network, bertujuan untuk mengatasi masalah ini dan meningkatkan kemampuan Bitcoin.

Baca Juga: Franklin Templeton Membawa Badai ke Dunia Bitcoin ETF: Apa yang Harus Kamu Ketahui!

Selain itu, hambatan regulasi juga menjadi tantangan besar. Marcus menekankan pentingnya bekerja sama dengan regulator untuk memastikan kepatuhan dan legitimasi Bitcoin sebagai solusi pembayaran global.

Paragraf Penutup

Meskipun ada tantangan teknis dan regulasi, ide bahwa Bitcoin dapat berfungsi sebagai sarana pembayaran yang terdesentralisasi, efisien, dan diterima secara luas memiliki potensi untuk merevolusi industri keuangan.

Dengan pemikiran dan inovasi dari pemimpin seperti David Marcus, masa depan Bitcoin tampaknya cerah.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: