Data CPI Amerika Setikat Berpotensi Goyang Pasar Crypto Minggu Ini

author:

Data CPI Amerika Setikat Berpotensi Goyang Pasar Crypto Minggu Ini

Pekan ini, Amerika Serikat akan mengungkapkan metrik inflasi penting yang mencakup tingkat tahunan CPI (indeks harga konsumen) inti yang tidak disesuaikan untuk bulan Februari, tingkat tahunan PPI Februari, ekspektasi tingkat inflasi satu tahun, dan lainnya.

Menurut CME, kemungkinan FOMC mempertahankan suku bunga tidak berubah pada 20 Maret berada pada angka mengesankan 97%.

Pasar Crypto Menahan Diri Menjelang Rilis Data CPI AS

Setelah rally kuat minggu lalu, pasar crypto secara keseluruhan sedang beristirahat saat ini. Dua cryptocurrency teratas – Bitcoin dan Ethereum – telah mundur dari puncak masing-masing sebesar $70.000 dan $4.000. Penarikan serupa terlihat di seluruh altcoin lain yang mengalami rally kuat minggu lalu.

Baca juga: Bitcoin Melonjak Tembus Rekor Baru di Atas $71.000, Mengapa Bitcoin Naik Hari Ini (11/3)?

Rilis data CPI (indeks harga konsumen) AS pada hari Selasa (13/3/24) akan menjadi fokus utama dalam laporan ekonomi minggu ini. Proyeksi menunjukkan indeks harga inti mungkin naik sebesar 0,3% pada bulan Februari dibandingkan bulan sebelumnya dan sebesar 3,7% dari tahun ke tahun, menandai kenaikan tahunan terkecil sejak April 2021.

Penurunan lebih lanjut dalam harga AS akan memperkuat narasi disinflasi yang berlaku, meskipun ada pengurangan dalam jumlah pemotongan suku bunga Federal Reserve yang diharapkan untuk tahun ini. Harga swap menunjukkan antisipasi tiga pemotongan pada tahun 2024, turun dari enam di awal tahun.

Apakah Crypto Memasuki Konsolidasi Besar?

Sumber: Santiment

Menurut wawasan yang disediakan oleh penyedia data on-chain Santiment, Bitcoin dan Ethereum menunjukkan keuntungan signifikan minggu lalu, mengungguli pengembalian S&P 500.

Baca juga: Michael Saylor Ramal ETF Bitcoin Bakal Kalahkan Emas dan Saingi S&P 500!

Bitcoin mengalami peningkatan sebesar 10,0%, sementara Ethereum melonjak sebesar 14,7%, berbanding terbalik dengan pengembalian moderat 0,5% dari indeks S&P 500.

Secara historis, pasar crypto telah menunjukkan pasar bull yang berkelanjutan dengan korelasi minimal terhadap ekuitas tradisional. Para pedagang dengan cermat mengamati tren ini, mengungkapkan optimisme untuk kelanjutannya.

Divergensi kinerja antara cryptocurrency dan pasar tradisional menyoroti dinamika unik yang mempengaruhi valuasi aset digital, memicu harapan untuk ketahanan pasar dan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Secara keseluruhan, data CPI AS yang akan dirilis minggu ini diharapkan memiliki dampak signifikan pada pergerakan pasar crypto. Dengan pasar yang sedang beristirahat setelah rally kuat, data ekonomi ini dapat menjadi katalis penting untuk arah selanjutnya.

Investor dan pedagang disarankan untuk memperhatikan rilis data ini, karena dapat memberikan wawasan penting tentang kondisi ekonomi AS dan dampaknya terhadap pasar crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Crypto News