Dari Twitter ke X: Elon Musk Mengubah Wajah Media Sosial Populer

Dari Twitter ke X: Elon Musk Mengubah Wajah Media Sosial Populer

Platform media sosial populer, Twitter, resmi berganti nama menjadi X setelah beberapa bulan digoda oleh mantan CEO-nya, Elon Musk.

Dalam proses rebranding ini, aplikasi media sosial populer ini meninggalkan logo burung yang dikenal luas dan menggantinya dengan X sederhana.

Rebranding juga melihat aplikasi media sosial ini mengubah skema warnanya dari biru menjadi hitam.

Twitter Berganti Nama Menjadi X

Sebagai bagian dari rebranding, URL Twitter diubah menjadi x.com, nama domain yang terkait dengan startup layanan keuangan Musk pada tahun 1999, yang kemudian dijual ke PayPal.

X.com adalah bank online awal, dan perusahaan ini awalnya didanai oleh Musk dan Greg Kouri, yang kemudian mendanai usaha Musk selanjutnya, Tesla dan SpaceX.

X Corp sebagai Perusahaan Induk Twitter

Musk mendirikan X Corp. pada Maret sebagai perusahaan induk Twitter, membuka jalan untuk rebranding Twitter. Rebranding ini merupakan bagian dari visi Musk untuk menciptakan “super app” dengan berbagai fungsi.

Baca Juga: DOGE vs Twitter Coin, Mana yang Dipilih Elon Musk?

Pada April 2023, Twitter memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan pengguna aplikasi mengakses pasar crypto dan layanan pasar keuangan lainnya dari dalam aplikasi.

Visi Musk untuk X

elon musk luncurkan xai

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, Musk menegaskan bahwa motif utama di balik rebranding menjadi X adalah untuk menciptakan “aplikasi segala-galanya,” sebuah konsep yang populer di China.

Aplikasi media sosial Cina, seperti WeChat, digunakan untuk panggilan teks dan video, dan memiliki ketentuan untuk membayar tagihan, memesan taksi, memesan restoran dan aktivitas keuangan lainnya tanpa meninggalkan aplikasi.

Baca Juga: Rencana Elon Musk Beli Twitter dan Gunakan DOGE di Twitter

Namun, rebranding Twitter tidak mendapatkan banyak dukungan dari banyak pengguna yang percaya bahwa meninggalkan burung biru terkenal untuk konsep baru bukanlah ide yang baik.

Meski demikian, Musk berpendapat bahwa jika dilakukan dengan benar, X berpotensi menjadi platform populer untuk keuangan, perbankan, pembayaran, dan data, dan seiring waktu memiliki potensi untuk menjadi “setengah dari sistem keuangan global.”

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: