Dana Pensiun Jepang Senilai $1,5 Triliun Akan Menilai Bitcoin untuk Diversifikasi

Dana Pensiun Jepang Senilai $1,5 Triliun Akan Menilai Bitcoin untuk Diversifikasi

Dana Pensiun Pemerintah Jepang (GPIF) yang mengelola aset senilai $1,5 triliun, sedang mempertimbangkan untuk mendiversifikasi sebagian portofolionya ke Bitcoin. Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari upaya GPIF untuk meningkatkan kecanggihan dan keragaman portofolionya.

Dana Pensiun Pemerintah Jepang (GPIF) Mencari Informasi Tentang Bitcoin

Dana Pensiun Pemerintah Jepang (GPIF) Mencari Informasi Tentang Bitcoin
TradingView

GPIF telah secara aktif berupaya untuk meningkatkan kecanggihan dan keragaman portofolionya dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu caranya adalah dengan mempertimbangkan untuk berinvestasi pada aset alternatif seperti Bitcoin. Namun, GPIF dengan hati-hati mencatat, “Pengumuman ini adalah permintaan informasi dan tidak menunjukkan bahwa perusahaan akan memperluas target investasinya di masa mendatang.”

Baca Juga: Bitcoin Anjlok ke Bawah $63.000 Setelah Sentuh Rekor $73.000 Minggu Lalu

Langkah GPIF ini dilakukan di tengah perubahan peraturan yang lebih luas di Jepang terkait investasi Bitcoin dan crypto. Eksplorasi GPIF terhadap Bitcoin dan aset alternatif tidak hanya menggarisbawahi meningkatnya minat institusional terhadap Bitcoin, tetapi juga sejalan dengan kemajuan peraturan Jepang yang bertujuan untuk mengintegrasikan aset digital ke dalam kerangka ekonomi negara tersebut.

Bitcoin Sebagai Aset Alternatif Portofolio

Dari semua aset alternatif yang diteliti oleh GPIF, Bitcoin memiliki profil tertinggi. Meskipun berisiko dan fluktuatif, Bitcoin semakin dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi seperti emas, sehingga dianggap sebagai salah satu alternatif oleh GPIF.

Pertimbangan oleh GPIF muncul saat Jepang meloloskan undang-undang baru yang memungkinkan dana investasi untuk memegang Bitcoin secara langsung. Ini menunjukkan langkah yang lebih luas menuju legitimasi Bitcoin dalam ekonomi terbesar ketiga di dunia. GPIF memiliki dana sebesar $1,5 triliun, bahkan alokasi kecil untuk Bitcoin dapat secara signifikan mempengaruhi harga dan semakin melegitimasi Bitcoin.

Diversifikasi GPIF ke Bitcoin Akan Mempengaruhi Pasar

Diversifikasi GPIF ke Bitcoin dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap pasar crypto. Alokasi dana yang besar ke Bitcoin dapat menyebabkan peningkatan harga yang signifikan dan menarik lebih banyak investor institusional.

Hal ini dapat memperkuat posisi Bitcoin sebagai aset investasi yang sah dan meningkatkan legitimasinya di mata investor arus utama. Selain itu, diversifikasi GPIF ke Bitcoin juga dapat meningkatkan kesadaran publik tentang crypto dan mendorong adopsi crypto yang lebih luas.

Penutup

Keputusan GPIF untuk mempertimbangkan Bitcoin sebagai aset alternatif menunjukkan semakin matangnya pasar crypto dan meningkatnya penerimaan Bitcoin oleh investor crypto institusional. Diversifikasi GPIF ke Bitcoin dapat menjadi katalis untuk pertumbuhan lebih lanjut di pasar crypto dan memperkuat posisi Bitcoin sebagai aset investasi global yang penting.

Baca Juga: BONE ShibaSwap: Melesat 44%, Target Harga $3 di Depan Mata!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi