Dana Aset Digital Catat Total Rp4,8 Triliun dalam 7 Minggu Berturut-turut!

author:

Dana Aset Digital Catat Total Rp4,8 Triliun dalam 7 Minggu Berturut-turut!

Dilansir dari The News Crypto (6/6/23), dalam tujuh minggu berturut-turut, dana investasi aset digital mencatat total $329 juta atau setara dengan Rp4,8 triliun.

Pada hari Senin (5/6/23), produk investasi aset digital mencatat aliran keluar terbaru sebesar $62 juta (Rp922 miliar), yang totalnya mencapai $329 juta (Rp4,8 triliun) di pasar.

Faktor yang Mendorong Aliran Keluar Dana Aset Digital

Pada tujuh minggu berturut-turut, produk investasi aset digital mencatat aliran keluar sebesar $62 juta (Rp922 miliar), yang totalnya mencapai $329 juta. Ini menunjukkan satu persen dari total aset yang dikelola (AuM).

Dalam basis statistik, angka tersebut sesuai dengan proporsi aliran keluar yang terlihat pada awal 2022. Alasan di balik aliran keluar terbaru ini adalah aktivitas perdagangan yang rendah, dengan volume yang tersisa 60% yang jelas lebih rendah dari rata-rata sepanjang tahun.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Uang Kamu Menyusut dan Bagaimana Bitcoin Bisa Menyelamatkan Kamu!

Lebih lanjut, hal ini telah mempengaruhi pasar crypto secara luas dengan penurunan sekitar 55% volume selama tujuh minggu pertimbangan sebelumnya.

Crypto yang Mengalami Aliran Keluar Terbaru

investasi crypto temasek
Sumber: Investing

Berdasarkan laporan The News Crypto (6/6/23), pada minggu lalu, Tron (TRX) mengalami aliran keluar hampir $51 juta (Rp758 miliar), yang merupakan 70% pertimbangan total dalam AuM.

Sementara itu, Bitcoin (BTC), mata uang crypto pertama, mencatat aliran keluar minor yang mencapai $2,7 juta (Rp40 miliar), sedangkan short-bitcoin sekitar $6,3 juta (Rp93 miliar). Aliran keluar Bitcoin ini menarik investor yang mendapatkan keuntungan dan keluar dari posisi yang lebih pendek. Hal ini juga disukai karena aliran keluar terbaru ini merupakan pergeseran struktural untuk sentimen BTC.

Pandangan ke Depan: Masa Depan Investasi Aset Digital

Dalam beberapa bulan terakhir, industri aset digital telah melihat perubahan signifikan. Meski ada aliran keluar dana, sektor ini tetap menunjukkan potensi yang signifikan. Dengan teknologi blockchain dan crypto yang terus berkembang, ada banyak peluang baru yang muncul dalam ruang ini.

Selain itu, pasar aset digital juga menjadi terlihat semakin matang. Banyak perusahaan dan institusi keuangan besar sekarang melihat nilai dalam aset digital dan mulai memasuki ruang ini.

Baca juga: Perusahaan Milik China Ini Lirik Hong Kong untuk Memperluas Pasar Aset Digital

Di sisi lain, ada juga peningkatan minat dalam produk investasi aset digital, seperti dana dan ETF. Produk-produk ini memungkinkan investor untuk mendapatkan eksposur ke pasar aset digital tanpa harus membeli dan menyimpan aset digital secara langsung, yang mana dapat membantu untuk menarik lebih banyak investor ke pasar dan mendorong pertumbuhan lebih lanjut.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi: