Bagaimana Dampak Pertemuan FOMC Terhadap Harga BTC? Simak Selengkapnya!

author:

Bagaimana Dampak Pertemuan FOMC Terhadap Harga BTC? Simak Selengkapnya!

Dunia crypto menanti dengan penuh antisipasi hasil pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) yang berlangsung pada 30-31 Januari 2024.

Dengan mata tertuju pada keputusan suku bunga Fed, pasar crypto, khususnya Bitcoin, berada di ambang momen kritis yang dapat menentukan arah harga selanjutnya.

Pertemuan FOMC dan Prediksi Pasar

Pertemuan FOMC kali ini membawa harapan tinggi bagi pasar crypto, terutama Bitcoin, dengan peluang 50-50 antara penghentian kenaikan suku bunga atau pemotongan suku bunga pada bulan Maret.

Baca juga: Keputusan Suku Bunga The Fed di Maret 2024 Bisa Jadi Sinyal Kebangkitan Harga Bitcoin?

Analis pasar crypto berbasis di Toronto, The Masked Investor, menyebut pertemuan FOMC sebagai “lemparan koin”, menunjukkan ketidakpastian pasar terhadap hasil pertemuan.

Meskipun demikian, optimisme tetap ada terhadap harga Bitcoin dalam jangka pendek. Analis tersebut menekankan pentingnya Bitcoin bertahan di atas EMA 50 hari sebesar $41.004 dan EMA 200 hari sebesar $33.924 untuk mempertahankan tren positif.

Namun, Blockchain Backer, seorang YouTuber yang memberikan wawasan crypto, berpendapat bahwa pemotongan suku bunga oleh Fed bukanlah sinyal bullish.

Dinamika Harga Bitcoin Menjelang FOMC

berapa kali fomc meeting
Sumber: ETF Trends

Menjelang pertemuan FOMC, Bitcoin menunjukkan rebound signifikan, dengan harga melonjak melewati $43.000. Peningkatan ini mengembalikan sebagian besar kerugian yang dialami akibat penurunan baru-baru ini, menandakan potensi kenaikan harga mendekati $44.000.

Namun, harus diperhatikan bahwa pergerakan harga Bitcoin seringkali tidak terpengaruh secara signifikan oleh pengumuman makroekonomi AS, seperti yang ditunjukkan oleh data dari Glassnode.

Setelah pertemuan FOMC terakhir pada Desember tahun lalu, harga Bitcoin tetap stabil, menunjukkan hubungan yang lemah antara Bitcoin dan faktor makro.

Baca juga: Bitcoin ETF Fidelity (FBTC) Mengalahkan Grayscale (GBTC) di Tengah Perang Biaya!

Potensi Dampak Keputusan FOMC

Keputusan FOMC yang akan datang dapat menjadi titik balik bagi Bitcoin, terutama jika Fed memutuskan untuk menghentikan kenaikan suku bunga. Hal ini dapat meningkatkan sentimen investor dan selera risiko, yang berpotensi menguntungkan Bitcoin.

Namun, Bitcoin saat ini menghadapi resistensi kunci di level $44.000, dan hasil pertemuan FOMC dapat mempengaruhi apakah Bitcoin akan mampu menembus resistensi ini atau mengalami penurunan. Dengan pasar yang menantikan keputusan Fed, volatilitas harga Bitcoin mungkin meningkat.

Secara keseluruhan, pertemuan FOMC kali ini tidak hanya penting bagi pasar crypto tetapi juga bagi investor yang mencari petunjuk tentang arah kebijakan moneter Fed di masa depan.

Dengan Bitcoin yang telah menunjukkan kenaikan selama lima bulan berturut-turut, hasil pertemuan ini dapat memperkuat atau menghambat momentum bullish yang sedang berlangsung.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: